Peresmian sekretariat Dekranasda, Sasirangan khas Kotabaru banyak diminati

sentral14.com, Kotabaru -  Sayed Jafar Al Idrus, Bupati Kotabaru meresmikan penggunaan Gedung Sekretariat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Jalan Dirgahayu Desa Dirgahayu, Selasa (22/11/16).

Sekretariat itu juga digunakan sebagai ruang pamer (showroom) menampung hasil-hasil produk kerajinan yang dibuat oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kotabaru.

Setelah gunting pita oleh Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Bupati dan Wakilnya Burhanuddin, Suriansyah, Sektetaris Daerah, Forkopimda, para Kepala SKPD, Staf khusus Bupati, Kepala Desa dll yang hadir berkesempatan melihat produk-produk hasil kerajinan yang ada di showroom. 

Hasil kerajinan yang banyak diminati terutama ibu-ibu adalah Sasirangan khas Kotabaru.

Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Ketua Dekranasda Kotabaru mengemukakan, yang ada di showroom dan yang sudah di kenal luas adalah anyaman pandan laut yang dibuat jadi berbagai macam produk hasil kerajinan ( tas,tutup makan dll).

"Hasil kerajinan itu berasal dari Kerayaan, Kerasian, Pembelacanan dan ibu Kota Kabupaten Kotabaru sendiri,"katanya

Tidak hanya menunggu, Dekranasda Kabupaten langsung turun mencari pengrajin ke daerah-daerah.
"Kita ingin, para pengrajin terus membuat,"ungkapnya.

Fatma Idiana melihat masih banyak "kekurangan", untuk meningkatkan kualitas, Dekranasda Kotabaru mendatangkan instruktur-istruktur luar agar produk hasil kerajinan itu menjadi lebih bagus lagi dan mampu bersaing di pasaran.

"Kita juga sudah memberikan kesempatan kepada Ibu-ibu rumah tangga dan pelajar untuk mengikuti pelatihan, tapi peminatnya kurang. Padahal, tidak ada syarat, yang penting ada kemauan. Semoga kedepan banyak peminatnya,"harafnya.
(IH)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peresmian sekretariat Dekranasda, Sasirangan khas Kotabaru banyak diminati"

Posting Komentar