"Pesta pantai" di teluk tamiang Kotabaru

Sumber fhoto: akun FB Darmansyah

sentral14.com, Kotabaru - Bupati Kotabaru, Sayed Jafar dan Wakil Bupatinya Burhanudin beserta rombongan menghadiri acara Mappanretasi (Pesta Pantai) di Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Kamis (24/11/16).

Dijelaskan Bupati kotabaru Sayed Jafar, agenda wisata tahunan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil laut yang melimpah. 

" Para nelayan Suku Bugis yang tinggal di pesisir pantai menggelar upacara Mappanretasi "memberi makan laut" dengan cara melarung sesajen sebagai wujud syukur atas hasil laut. Sesajen tersebut berupa sesisir pisang barengseng, nasi ketan warna putih, hitam, kuning dan merah jambu yang melambangkan ke empat unsur yang ada di muka Bumi, juga dilengkapi dengan ayam jantan hitam si Kadi deng,"ucapnya.

Sayed Jafar mengharapkan, selain menjaga kelestarian adat istiadat, acara Mappanretasi juga dapat menjadi salah satu daya tarik turis domestik maupun asing, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian warga setempat dan pendapatan Daerah Kotabaru.

Ia juga berpesan kepada warga setempat agar menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan menggunakan alat tangkap ikan yang diatur oleh Pemerintah agar ekosistem laut tidak rusak.

Untuk memudahkan akses ke Desa Teluk Tamiang, Sayed Jafar akan segera melengkapi fasilitas pendukung, salah satunya fasilistas jalan sehingga urat nadi perekonomian dan logistik bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk tamiang Burohim mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru sehingga acara tersebut bisa terlaksana dengan meriah.

Dalam acara itu, juga digelar bakar ikan sebanyak kurang lebih 1 ton oleh warga . Turut hadir pula, tokoh agama, tokoh masyarakat, Wakil Ketua DPRD Mukhni, Ibu Ketua PKK Fatma Idiana dan Wakil Ketua PKK Siti Mariani Burhanuddin, Seluruh Camat se Kabupaten Kotabaru dan Kepala Desa se Kecamatan Tanjung Selayar.
(Relhum)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Pesta pantai" di teluk tamiang Kotabaru"

Posting Komentar