"Bank Sampah" mengendalikan limbah rumah tangga

sentral14.com, Kotabaru - Pencangan menuju Desa bebas sampah 2018 dan peresmian Bank sampah Berseri Desa Gunung dilaksanakan di Balai Desa Gunung Ulin, Jumat (02/12/16).

Bank Sampah Berseri Desa Gunung Ulin diresmikan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Al Idrus melalui plt.Kepala BLHD, Said Rizani Fahrani.

Bupati Kotabaru dalam sambutan yang dibacakan Said Rizani Fahrani dikatakan, mengingat pengelolaan sampah merupakan salah satu faktor yang menentukan keindahan dan kebersihan suatu daerah.
Apabila dapat dikelola dengan baik akan menjadikan lingkungan sehat dan terawat. Juga dapat menjadi sumber pendapatan baru masyarakat.

" Saya berpesan kepada para perangkat Desa,masyarakat, dan aparat Kecamatan, untuk terus membantu membantu menjaga lingkungan,"harafnya.

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Dinas Cipta Karya Permukiman dan Perumahan, perwakilan Camat Pulau Laut Utara, Kepala Puskesmas Dirgahayu, serta warga masyarakat.

H.M Rizal Fahlepi, Kepala Desa Gunung ulin mengatakan, sebelumnya, warga masing menggunakan pola di bakar. Menurut mereka cara itu solusi yang baik. Ternyata cara itu bukan solusi. Dengan adanya "Bank Sampah" ini, produksi sampah rumah tangga dan kebun akan dikendalikan dan warga tidak lagi membakar dan membuang sampah di pekarangan.

"Mekanisme pengelolaan sampah dari TPS ke TPA, kita koordinasikan di tingkat RT dan diteruskan ke masing-masing warga,"tungkasnya.

Sementara itu, Aminullah, Kassubbid pemilihan lingkungan BLHD Kotabaru yang juga Ketua Bank Sampah Saijaan menerangkan, Bank Sampah adalah bagian upaya pengelolaan sampah.

"Sampah tidak hanya terpusat di kota, pengelolaannya harus melebar ke Desa/Kelurahan bahkan sampai di tingkat RT. Ini adalah sistim pengelolan sampah,"katanya.

Ia menambahkan, persoalan sampah yang ada di kota adalah kiriman dari Desa/Kelurahan. "Makanya, Desa harus diberdayakan dengan "Bank Sampah" agar bisa di kelola dan tidak terkirim ke kota,"pungkasnya.

Pihak Kecamatan Pulau Laut Utara pun sangat mendukung sistim pengelolaan sampah dari Desa ini.
(IH)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Bank Sampah" mengendalikan limbah rumah tangga"

Posting Komentar