Kedatangan KMP Bamega Jaya di sambut Dishubkominfo

sentral14.com, Kotabaru - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kotabaru menyambut kedatangan Kapal Motor Peyeberangan (KMP) Bamega Jaya di Pelabuhan Teluk Gosong, Jum'at (23/12/16).

Kapal Ferry ini nanti akan siap melayani warga masyarakat kotabaru yang akan menuju Kecamatan Pulau Sebuku.

Kapal buatan Cirebon ini adalah bantuan dari Kementrian Perhubungan RI kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi.

Rudi Baskoro, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Penyeberangan mengatakan, kapal ini siap beroperasi pada bulan Maret 2017.

"Untuk mengoperasikan Kapal ini akan dilimpahkan kepada PT.ASDP, tetapi tetap dibawah pengawasan Dishubkominfo Kabupaten Kotabaru,"jelasnya.

Ia menambahkan, lintas Kapal ini adalah antar Kecamatan dalam Kabupaten Kotabaru, "jadi sudah menjadi tugas kita untuk mengawasinya," cetusnya.

Kapten Kapal Mohammadong menerangkan, KMP Bamega Jaya dapat mengangkut sebanyak 180 orang penumpang dan untuk kendaraan 9 x 10 ton truk sedang.

" Kecepatan Kapal ini 11 knot dari RPM 1.600 dan masih bisa dinaikkan tetapi masih belum siap karena kondisi mesin masih baru,"imbuhnya.

Dikatannya, ini satu satunya Kapal yang memiliki kecanggihan alat seperti; VDR, Exdisc, radar yang canggih, zairo, cctv setiap sisinya dan kemudi otomatis ( autopilot).

Sementara, Marsadik, Manajer Operasional ASDP mengatakan, kapal ini nantinya akan beroperasi sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Karena kapal ini akan beroperasi lintas Kecamatan dalam Kabupaten Kotabaru, untuk tarif, masih dalam penyusunan pengusulan kepada Bupati.
" Jadi merupakan kuasa Bupati untuk menetapkan tarif tersebut,"katanya.

Meskipun begitu, lanjut Marsadik, tidak akan jauh berbeda dengan tarif  yang sudah beroperasi sekarang.

Lebih jauh Marsadik menuturkan, "walaupun jumlah penumpang sangat minim atau tidak ada penumpang sama sekali, Kapal ini tetap beroperasi kerena kami bekerja sesuai dengan kontrak. Pengoperasian Kapal ini sudah di subsidi,"pungkasnya.

Selain menunjukkan kecanggihan dan kondisi di dalam Kapal.
Kapten Mohammadong juga menyerahkan miniatur KMP BAMEGA JAYA kepada Dishubkominfo yang diterima oleh Kepala Bidang Perhubungan Darat, Nurviza.
(Rel Kominfo/Birin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedatangan KMP Bamega Jaya di sambut Dishubkominfo"

Posting Komentar