Tanam Padi Serentak bersama Kodim 1022 Tanah Bumbu

Sentral14.com, Tanah Bumbu - Dandim bersama anggota Kodim 1022 Tanah Bumbu, Koramil Satui, dan Koramil Angsana melaksanakan tanam padi serentak di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana wilayah Ramil 1022-04 Satui, Selasa(02/01/17)

Kepala Bidang pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Sekcam Angsana, kepala BP3K, PPL, Kepala Desa Sumber Baru dan 11 Kelompok tani Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana juga ikut melaksanakan tanam padi.

Dandim 1022 Tanah Bumbu Letkol CZI Andy Setyawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berkaitan dengan Program Pemerintah berawal adanya MOU antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian RI. 

Pencapaian program pemerintah pusat di 2017 adalah swasembada pangan.
"Untuk itu kita lakukan kegiatan penanaman padi, jagung dan kedelai,"terangnya.

Ia menambahkan,  target yang harus dilakukan di tahun 2017 adalah padi.

"Harapan kedepan, khusus wilayah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan agar para petani lebih maju lagi dan kalau bisa dalam setahun bisa panen 2 kali. Dan dengan adanya pendampingan Babinsa agar para petani setelah panen bisa mengolah lahannya kembali,"imbuhnya.



Dikatakannya, dengan penyempitan lahan pertanian dan banyaknya tanaman sawit. Ia mengharapkan, "jangan sampai lahan pertanian tergerus oleh banyaknya tanaman sawit."

Kepala Desa Sumber Baru, Zainal Arifin mengemukakan, Kecamatan Angsana terdiri dari 9 Desa dengan 11 kelompok tani. Menurutnya, Desa Sumber Baru merupakan penyangga di bidang pertanian dengan hamparan lahan luasnya sekitar 437 Hektare. Dan 150 Hektare siap tanam.

"Program di tahun 2017 ditargetkan tanam khususnya padi seluas 26.391 Hektare dengan target produksi 180.000 ton,"ujar Jainal, Dinas pertanian Tanah Tumbu.

Jainal menambahkan, karena lahan yang ada hanya 14.000 Hektare maka harus diupayakan panen 2 kali setahun.
"Saat ini, Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Hulu merupakan sentral padi,"sebutnya.

Sementara itu perwakilan Camat Angsana, Wahono mengatakan, mengenai status tanah pertanian yang di kelilingi tanaman sawit, ada sebagian lahan pertanian yang masuk HGU (Hak Guna Usaha) Perusahaan.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Kelompuk tani, Tasinin mengungkapkan kendala dalam mengarap sawah yaitu mengenai air.
" tanpa ada air kami tidak bisa bertanam karena belum ada pengairan ke sawah. Saat ini hanya mengharapkan tadah hujan,"pungkasnya.
(Edy S)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanam Padi Serentak bersama Kodim 1022 Tanah Bumbu"

Posting Komentar