A.Hangki pantau Kapal pengangkut arus mudik di Pelabuhan Batulicin














Tanah Bumbu, Kalsel -
Tidak hanya melakukan pantauan di Pelabuhan Ferry Tanjung Serdang-Batulicin, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas IV Kotabaru, Aprianus Hangki bersama jajarannya melakukan pantauan di Pelabuhan Batulicin, H-2 Idul Fitri, Jumat (23/06/17), tadi.

Pantauan dilakukan dari sarana prasarana pelabuhan, proses embarkasi (pemberangkatan) sampai semua ruangan di atas kapal termasuk Kru dan ABK.
" Terkait keselamatan, sebelumnya sudah dilakukan uji petik (memeriksa kelayakan keselamatan kapal),"ujarnya.

Saat itu di Pelabuhan Batulicin memang ada jadwal keberangkatan KM Kirana tujuan Surabaya, berangkat sekitar jam 15.00 wita. Dan KM Dharma Ferry 3 tujuan Makasar, berangkat sekitar jam 00.00 wita (jam 12 malam). Ini jadwal keberangkatan terakhir selama bulan ramadhan.

KM. Kirana dan KM Dharma Ferry 3 itu dikelola PT. Dharma Lautan Utama (DLU).

Saleh, Manajer PT. Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin mengatakan, KM Kirana dari Batulicin tujuan Surabaya, jumlah penumpang 700 jiwa. Sepeda motor 40 unit. Roda 4 20 unit. Truk barang 10 unit.

" Selama bulan ramdhan sampai dengan jadwal terakhir, keberangakatan yang ke 8.
Kita belum evaluasi seluruhnya, sepertinya ada peningkatan jumlah penumpang dari tahun sebelumnya,"terangnya.

Ia menambahkan, seperti tahun sebelumnya, pihaknya menambah jumlah kapal yaitu KM Kirana X yang sudah berangkat sebelumnya. Untuk Jadwual ke Makasar, kata dia, ditambah 1 minggu 2 kali keberangkatan.

Untuk penumpang lansia, tambah dia,  ditempatnya terpisahkan dengan penumpang umum. Demikian pula penumpang wanita yang membawa anak kecil.

"Klas terbatas. Dipriorotasnya untuk orang tua yang kondusi kesehatannya kurang bagus.Namun tetap mensortir mana yang layak ditempatkan diruang VIP,"tandasnya.

Sementara, Kapten KM. Kirana, Hadi Siswoyo menyatakan, kapal dalam kondisi ready. Tidak ada kendala baik dari sisi Kru dan ABK sampai engine.

KM Dharma Ferry 3 yang dijadwalkan berangkat pada malam harinya.

Kepala KSOP Kotabaru, Aprianus Hangky melalui Kapt. Suripto, plt. KBPP (keselamatan berlayar dan penjagaan patroli) di Pelabuhan Batulicin mengatakan, karena pengaruh pasang surut diperairan batulicin, KM.Dharma kemungkinan baru bisa berangkat sekitar jam 00.00 wita (jam 12 malam) dengan Jumlah penumpang 465 jiwa. Roda empat 24 unit. Truk Puso 12 unit,"pungkasnya.
(IHA)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "A.Hangki pantau Kapal pengangkut arus mudik di Pelabuhan Batulicin"

Posting Komentar