Potensi wisata "Danau Biru" di Desa Siayuh











Kotabaru, Kalsel -
Di Desa Siayuh, Kecamatan Kelumpang Barat ada satu tempat potensi wisata bernama "Danau Biru".
Tempat wisata ini masih terbilang baru dan belum banyak diketahui.

Danau Biru beralamat di Jalan Siayuh KM 01 RT.01 ( jalan menuju jalan arah ke Geronggang).

Untuk bisa kesana bisa dari Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir. Ditempuh 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Ketika sampai di Danau Biru, pengunjung langsung melihat indahnya pemandangan,  pepohonan nan hijau yang rindang.

Jembatan kayu sengaja dibuat ditengah danau agar pengunjung bisa langsung melihat diatas air danau.

Danau Biru difasilitasi; perahu karet, ruang ganti, tempat tempat istirahat, dll yang sifatnya darurat.

Untuk keamanan, panitia dibantu Polsek Kelumpang Barat dan oleh keamanan sipil.

Tidak hanya warga lokal, warga dari luar daerah pun banyak berkunjung kesana.

Syahbana seorang pengunjung mengaku sangat antusias dan berharap agar danau biru menjadi objek wisata yang berkelanjutan serta menjadi tujuan wisata yang disenangi semua pengunjung dengan meningkatkan sarana dan prasarananya.


Usulan Anggaran.

Ajang perkenalan (Danau Biru) di hari ke 2 Idul Fitri, Senin (26/06/17), anggota DPRD Dapil II, Syairi Mukhlis dan Nosriono juga ada berkunjung kesana. Ditambah kehadiran artis dangdut dari luar daerah, semakin menambah meriahnya suasana danau biru.

Kepada wartawan, Syairi Mukhlis mengemukakan, fasilitas masih minim karena belum ada anggaran yang masuk ke objek wisata ini. Ruang ganti dan toilet masih dibuat darurat. Akses jalan sudah ada hanya perlu peningkatan. Ini Masih tahap perkenalan dan promosi. Rencana akan dibuka setelah sarana prasarananya sudah permanen.

"Pembukaannya nanti, panitia akan mengundang Bupati, SOPD terkait, dan anggota DPRD.anggaran sudah diusulkan di APBD-P 2017 dan APBD 2018,"ucapnya.

Dari hasil reses, lanjut dia, anggaran diusulkan melalui pokok-pokok pikiran DPRD. Dia menanggapi serius terkait Danau Biru ini.

Diakuinya, memang banyak yang harus dibenahi dalam rangka memberikan pelayanan dan kenyaman bagi pengunjung terutama sarana dan prasarananya. Dari jalan, parkiran, MCK dan Gajebo.

Ia berharap, anggaran yang sudah diusulkan itu disetujui SOPD terkait. "Tugas saya mengawal sampai final pembahasan anggaran,"ujarnya.

Dikatakannya, juga dalam rangka mendukung  visi misi bupati untuk meningkatkan sektor pariwisata. Ia berharap bisa bersama-sama mengeksplorasi potensi SDA ditengah lesunya perekonomian dari sektor pertambangan.

Lebih jauh ia mengatakan, ditambah lagi untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar dan menjadikan objek wisata yang berkelanjutan dengan memperhatikan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal sebagai tambahan daya tarik terhadap perkembangan dan pembinaan objek wisata daerah.
(Syamsir Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi wisata "Danau Biru" di Desa Siayuh"

Posting Komentar