Bentuk kepedulian Pemkab HST, kunjungi warga sakit













HST, Kalsel
Fatimah adalah janda tua yang saat ini sakit (stroke).

Ia memiliki anak bernama Halina Wati (57) yang dalam kondisi buta. Awalnya hanya katarak.

Mereka tinggal satu rumah sederhana, hanya berdua di Desa Teluk Masjid, RT06, RW 03, Kecamatan Haruyan, Hulu Sungai Tengah (Barabai).

Sebelum mengalami sakit, Fatimah masih bisa merawat Halina Wati. Karena ia sakit, saat ini gantian, Halina Wati yang merawat ibunya itu.

" Sudah setahun saya sakit. Hidup serba kekurangan. Kalau ada rezeki kami makan. Kalau tidak ada kami puasa. Mau berobat tidak ada biaya. Halina Wati yang saya harapkan sebagai tulang punggung keluarga, apa mau dikata kini, matanya buta dan akhirnya dia tidak bisa lagi bekerja,"keluh Fatimah.

Ditambahkannya, " makan saya harus disuapi. Demikian pula MCK bahkan, memakai baju pun  harus dibantu anak saya,"imbuhnya.

Kalau ada waktu senggang, terkadang ada tetangga (mama ayus) yang berkenan membantu untuk aktivitas dirumah.

Mengetahui kondisi warganya itu, Kepala Desa Teluk Masjid, Amruni (udung) berjanji akan membatu dan memfasilitasi untuk menyampaikan ke Dinas Sosial semaksimal mungkin. "Mudah-mudahan mendapat respon,"harapnya .

Hal yang sama diungkapkan Camat Haruyan, Yarkani, "karena ini masyarakat miskin, perlu kita bantu. Kami dari pihak Kecamatan nantinya akan mengkonfirmasi dan membantu sepenuhnya, sedapat mungkin kita usahakan,"tandasnya.

Ia juga berkesempatan mengunjungi untuk melihat langsung kondisi Fatimah dirumahnya, Rabu (06/07/17).

Demikian pula Sekda, H. Akhmad Tamzil kepada media ini mengatakan, "kita akan sampaikan dengan SOPD yang membidangi tentunya, dinas kesehatan dan dinas sosial segera semampunya untuk membantu.

"Kalau keluarga miskin pengobatannya pasti gratis selama mau berobat dirumah sakit kelas III, mudah mudahan yang bersangkutan juga terdaftar di BPJS,"ujarnya.

Ditambahkannya, kalau ketua RT dan Kepala desanya memperhatikan, tentu dia (Fatimah) mempunyai kartu BPJS.

"Ketua RT dan Kepala Desa yang mengawal proses administrasi dalam pelayanan pengobatan, tapi terlepas daripada itu dinas kesehatan dan sosial agar segera mencek kelapangan, dan semampunya akan kita fasilitasi. Ini adalah suatu bentuk komitmen pemerintah yang wajib memperhatikan warga,"pungkasnya.
(Syamsir Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk kepedulian Pemkab HST, kunjungi warga sakit"

Posting Komentar