Disnakertrans sosialisasi hasil studi Pra RKT Pamukan










Kotabaru, Kalsel -
Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi melaksanakan ekspose hasil studi Pra Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) Kawasan Pamukan.

Program ini hasil kerja sama dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univeraitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan.

Acara ini dilaksanakan di Gedung Paris Barantai, Selasa 11 Juli 2017, kemaren yang di hadiri Kasubdit Kementerian Perencanaan Kawasan Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Monang Simarmata, Sekretaris Daerah, Drs. H. Said Akhmad, MM, ketua Komisi I DPRD kotabaru, Forkopimda, Camat Pamukan Selatan, Camat Sampanahan, Camat Sungai Durian, Camat Pamukan Utara, Camat Pamukan Barat dan para Kepala Desa Se Kotabaru.

Drs. H. Said Akhmad, MM mengatakan, akan mendatangkan sekitar 700 jiwa transmigrasi dari lokal dan luar Kalimantan. Program transmigrasi ini adalah program yang sudah lama berjalan, tujuannya untuk mengisi kawasan-kawasan yang ada.

Ditambahkannya, transmigrasi ini merupakan program pemerintah pusat yang harus di bek up oleh pemerintah kabupaten.
Dengan program transmigrasi ini diharapkan juga di pemerintah kabupaten ada dampak positifnya artinya yang kita kirim dari daerah luar itu mempunyai keahlian tekhnologi dan SDM supaya menjadi contoh masyarakat lokal tentang bagaimana cara bertani dengan baik.

"Kalau program ini sudah selesai nanti RKT rencana kerjanya insya allah luar biasa untuk kabupaten Kotabaru,"ujarnya.

Masih dilanjutkannya, dalam program transmigrasi ini pemerintah kabupaten Kotabaru akan menyediakan lahan yang subur, supaya yang diterapkan nanti bisa bertani cocok apalagi program ini sudah lama kita siapkan secara matang dan juga kita libatkan leading sektar agar program transmigrasi ini berhasil dengan baik.

Monang Simarmata mengatakan, sesuai yang dikatan sekda tadi, daerah sudah menyusun RKT oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

" Untuk pembangunan fisiknya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat, serta akan di buat lagi perencanaan teknisnya, seperti bikin rumah dan jalan,"terangnya.

Setelah itu, tambah dia, bila ada dokumennya barulah diusulkan ke pusat dan di SK kan oleh kementerian ketenagakerjaan dan transmigrasi bahwa kawasan yang disusun ini akan di tetapkan menjadi kawasan transmigrasi yang pendanaannya pada tahun-tahun berikutnya sudah otomatis terpayungi. "Saya senang sekali karena pemda sudah mealokasikan dana perencanaan transmigrasi ini,"pungkasnya.
(Relhum/IHA)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disnakertrans sosialisasi hasil studi Pra RKT Pamukan"

Posting Komentar