Lapas Kotabaru bina warga binaannya sadar 'Bela Negara'







Kotabaru, Kalsel _
Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotabaru melaksanakan kegiatan pembinaan kesadaran bela negara bagi warga binaannya, “ Selasa (18/07/17).

Dilaksanakan di Aula LAPAS Kelas II B Kotabaru menghadirkan narasumber, Komandan Kodim 1004 Kotabaru, Letkol Arh Samujio yang di ikuti warga binaan pria dan wanita.

Plt Kalapas Kotabaru, Samsul Arifin mengatakan, dengan adanya sorotan bahwa warga binaan (kasus terorisme) atau warga binaan biasa dapat menjadi teroris maka, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi alumni warga binaan itu menjadi teroris lanjutan. Oleh karena itu, sambung dia, di berikan pemahaman kesadaran bela negara ini.

Ia menambahkan , dari 1026 warga binaan yang ada di lapas kotabaru, sebanyak 130 orang yang di ikutkan dalam kegiatan ini yang diharapkan akan menjadi pioner sebagai orang yang sadar sebagai anggota masyarakat yang dapat kembali di tengah-tengah masyarakat dengan baik.

Letkol Arh Samujio mengatakan, materi yang disampaikan terkait wawasan kebangsaan.

“Selama ini mereka yang berada di lingkungan pembinaan kurang mendapat informasi tentang kondisi bangsa saat ini maka, saya perlu menyampaikan situasi kondisi negara saat ini di mulai dari situasi kondisi di dunia; Konplik di timur tengah yang sampai pada kemungkinan akan terjadi di negara kita yang kaya akan sumber daya alam ini,”ucapnya.

Banyak materi yang ia sampaikan tentang apa penyebab terjadinya konplik di timur tengah, kemudian kekayaan SDA di suatu negara yang kemungkinan bisa menjadi pemicu konplik bahkan sampai terjadi perang, manajemen konplik yang di ciptakan sehingga muncul paham terorisme, sampai dengan bahaya narkoba yang selama ini tidak disadari bisa mengancam keselamatan bangsa dan negara dsbnya.

“Yang ditanamkan adalah rasa cinta tanah air. Itu jangan sampai hilang walaupun, mereka selama ini kurang mendaptkan akses (dunia luar). Rasa cinta tanah air harus melekat dalam diri mereka,” tandasnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Idamsyah, seorang warga binaan mengaku akan menjauhi narkoba karena bahayanya mengancam generasi muda. “ Saya jadi mengerti bahwa masuknya narkoba itu salah satu yang akan melemahkan negara,”ujarnnya.


Rahmat Pijati, KPLP Lapas Kelas II B Kotabaru

Selain mendapat pemahaman terkait bela negara, warga binaan lainnya juga mendapatkan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh anggota Kodim 1004 Kotabaru.

“Latihan PPB dasar ini bertujuan agar warga binaaan memiliki kesadaraan dan kedisiplinan,” terang Rahmad Pijati.
(IHA)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lapas Kotabaru bina warga binaannya sadar 'Bela Negara'"

Posting Komentar