Mudik atau balik dari Batulicin-HST? Ada jalan alternatif tapi rawan.



Tanah Bumbu, Kalsel -
Ingin mudik  atau balik dari Batulicin, Tanah Bumbu ke Hulu Sungai Tengah, Barabai?

Ada jalan alternatif. Jaraknya hanya kurang lebih 250 Km. Ditempuh waktu sekitar 5 jam perjalanan sudah sampai dibandingkan lewat Banjarmasin.

Meski relatif dekat namun, lewat jalan ini cukup memacu adrenalin.

Setelah melewati Desa Mentewe Km 42, kita akan menemukan kondisi jalan rusak.

Setelah tiba di Kantor Polsek Mentewe, ada jalan yang sudah diperbaiki (pengerasan).
Diperkirakan sepanjang 5 Km.

Kemudian, di Km 57 kita akan menemui lagi jalan rusak berair di berapa titik, di jalan arah Hulu Sungai Selatan (Kandangan), melewati eks tambang batu bara perlu berhati-hati karena ada 2 titik jalan licin berlumpur dan lubang.

Kemudian lagi di Desa Gunung Raya, terdapat jalan berlubang. Batu besar muncul dipermkaan tanah membentuk dinding jurang. Kondisi itu sampai dipersimpangan Musholla At Taqwa simpang tiga, Nah' disini baru ditemui jalan beraspalt.

"Hati-hati kalau lewat Gunung Sabuk. Disana banyak jalan longsor dan rawan kejahatan. Kebanyakan orang mudik pada bawa golok panjang buat jaga diri,"ucap warga seraya mengingatkan.

Menurutnya, daerah yang rawan kejahatan mulai Gunung Sambut sampai perbatasan Desa Emil Baru. Jalan Desa Emil Baru juga banyak yang rusak.

Ia berharaf, di daerah yang dirasa rawan kejahatan tersebut ketika mudik menjelang dan sesudah lebaran hendaknya ada pos keamanan dan rambu peringatan.

Selain itu, ia menambahkan, karena banyak tikungan tajam, tumbuhan liar dikiri kanan jalan hendaknya, dibersihkan agar rintangan didepan bisa terlihat.

Pantauan dilapangan, disepajang jalan Gunung Batu ada pekerjaan perbaikan jalan yang longsor dan ambalas. Setelahnya, sekitar 2 Km terdapat jalan yang hampir longsor yang hanya bisa di lewati satu mobil. Kondisinya sangat parah, aspaltnya retak berlubang dan berair campur lumpur.  Tanahnya terkikis perlahan.
(Syamsir Alam)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mudik atau balik dari Batulicin-HST? Ada jalan alternatif tapi rawan."