Serap aspirasi masyarakat, salah satunya melalui Reses. Realisasi pembinaan masyarakat

Arbani, Anggota DPRD (Dapil II)












Kotabaru, Kalsel -
Kesempatan bagi anggota DPRD menyerap aspirasi masyarakat terutama di Daerah Pemilihannya (Dapil) masing-masing, salah satunya melalui kegiatan Reses.

Seperti saat Arbani, Anggota DPRD ke Daerah Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir.

Masyarakat yang  ingin maju, yang ingin memberdayakan sumber daya yang ada, mengajukan usulan kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait agar di bantu diantaranya peralatan pendukung usaha.

Mereka mengajukan usulan dalam bentuk kelompok. Dan Dinas terkait melakukan verifikasi.

"Dalam rapat dengan dinas terkait, kami sampaikan bahwa potensi-potensi yang ada di daerah itu perlu di bantu,"kata Arbani yang di hubungi via ponsel.

Diakuinya, terkait itu, ini juga salah satu pokok-pokok pikiran anggota DPRD yang di sampaikan dalam rapat Paripurna ke Eksekutif.

"Usulan masyarakat itu tidak semua bisa di bantu,"ucapnya.

Dijelaskannya, setelah mereka mengajukan ke Dinas terkait, kita teruskan juga saat pembahasan dalam rapat maka, terealisasilah usulan masyarakat itu.

" Tetap, mereka menyampaikan permohonan dulu Dinas terkait dan menyampaikan juga ke Kita,"imbuhnya.

Tidak sampai disitu, tambah Arbani, sebut saja kelompok usaha masyarakat yang sudah di bantu peralatan kerja itu, selanjutnya, Dinas terkait harus melakukan pembinaan.

"Maka, diharapkan kepada dinas untuk terus melakukan pembinaan,"ucapnya.

Karena menurut Arbani, tanpa ada pembinaan lambat laun kelompok-kelompok usaha masyarakat ini akan mati.

Salah satu desa tertinggal

Terpisah, Supoyo yang akrab di sapa Poyo, warga seronnga menceritakan, kelompok usaha yang bernama 'kube dika family' ini terbentuk karena melihat suatu keadaan desa serongga adalah desa yang sangat tua, namun faktanya salah satu desa tertinggal.

"Berawal dari itulah saya berinisiatif membentuk kelompok usaha dengan tujuan semoga berkembang lebih jauh dan lebih maju kedepan,"ungkapnya.

Tidak hanya mengumpulkan dan mengembangkan potensi yang ada, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok diharapkan bisa menambah perekonomian keluarga.

Pada satu kesempatan kelompok ini menyampaikan permohonan bantuan kepada diantaranya; pihak desa dan kecamatan serta instansi terkait agar kelompok usaha ini lebih maju.

Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD, Arbani yang telah memfasilitasi sehingga terbentuklah kelompok usaha ini.

"Dengan dukungannya, kami mendapat mendapat bantuan 10 unit mesin jahit dan 1 unit mesin obras dari dinas koperasi usaha kecil dan perindustrian. Dan bersedia memberikan pelatihan dasar menjahit dan memberikan bantuan peralatan menjahit secara gratis ,"ungkapnya.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian laksanakan pelatihan menjahit.

Dan benar saja, pada Kamis, (20/07/17), di Swarga, Jalan Ratu Intan, RT 10, RW 03, Desa Serongga hadir diantaranya, Abdul Ishak, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Kecil dan Koperasi, H. Agus Nadi, Kasi Pengembangan Kewirausahaan, M. Yusran, Kasi Pemberdayaan UKM dan Koperasi, Suriyati, Kasi Pengembangan Fasilitas dan Usaha Mikro beserta Staf dan ditambah 2 orang instruktur, Gajali Rahman dan Sulaiman.

Mereka datang untuk melakukan pembinaan sekaligus pelatihan kepada kelompok usaha masyarakat itu.

Abdul Ishak mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari dan selanjutnya dalam tiga bulan dan enam bulan di monitoring dengan mendatangi peserta yang sudah dilatih untuk melihat perkembangan apakah ada kemajuan. Sudah bisa mandiri atau ada yang masih tahap perkembangan.

"Yang jelas dengan adanya pelatihan ini, yang dulu tidak bisa menjahit dan memotong sekarang sudah bisa,"ujarnya.

Ditambahkannya, Jika nanti ada kelompok yang ingin minta bantuan, kami siap membantu sepanjang itu yang diperlukan kelompok untuk berkembang.

"Harapan kami tentunya, setelah mendapat pelatihan ini, mereka bisa membuka usaha sendiri," ungkapnya

Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 40 warga dari masing-masing RT Desa Serongga.

"Dengan mengikuti pelatihan ini berharap, bisa lebih baik dan mengembangkan ilmu,"ungkap salah satu peserta.
(Syamsir Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serap aspirasi masyarakat, salah satunya melalui Reses. Realisasi pembinaan masyarakat"

Posting Komentar