Bupati buka pelatihan kerja BLK











Kotabaru, Kalsel -
Dinas Tenaga Kerja melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja. Kegiatan ini bersumber dari dana APBN, kementerian Ketenagakerjaan dan APBD Kotabaru tahun 2017.

Kegiatan yang di mulai pada Senin, 06/08/17, di Balai Latihan Kerja (BLK) ini di buka langsung oleh H. Sayed Jafar, SH, Bupati Kotabaru.

H. Sayed Jafar mengatakan, tentu anak-anak kita banyak sekali yang ingin meningkatkan SDMnya, kedepan di harapkan pesertanya jangan dibatasi, "kalau ada yang mendaftar 500 orang ikutkan semuanya,"tekannnya.

Dalam kesempatan itu ia mengimbau kepada pihak perusahaan agar jangan banyak mengambil tenaga kerja dari luar.
"Manfaatkan 'lah tenaga kerja lokal kotabaru."

Kepada peserta ia menyarankan, agar jangan hanya berpikir menjadi pegawai atau karyawan perusahan, kalau bisa bentuk lah biro usaha karena dapat membuka lapangan kerja bagi teman- teman lainnya yang menganggur.

"Dengan berwiraswasta akan bisa meningkatkan perekonomian kita. Lakukan tahap demi tahap. Cari pengalaman karena pengalaman itu sangat berharga,"ujarnya.

Ia mengharapkan kepada para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini. 'Belajar dengan baik. Selesai dari balai pelatihan kerja ini dapat langsung di kembangkan dan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahlian yang di dapat.

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada para pembina balai pelatihan kerja ini dapat memberikan pembinaan yang lebih baik dan memberikan pelajaran yang berkualitas terbaik kepada peserta.

H. Siswanto PH, Kepala Balai Pelatihan Kerja mengatakan, tahun 2017 ini kami telah menerima sekitar 160 peserta berasal dari beberapa kecamatan yang ada di kotabaru.

Selain memberikan pendidikan dan pelatihan, tambah dia,  juga disediakan asrama bagi para peserta yang tempat tinggalnya jauh.

Ia menerangkan, ada beberapa jurusan yang di buka diantaranya;  teknik komputer, listrik, las dan otomotif.

"Tujuannya untuk memberikan bekal keterampilan kerja berbasis kompetensi kepada pencari kerja lulusan SMA/SMK/MA tahun 2017 yang tidak melanjutkan pendidikan ke pengguruan tinggi, sehingga di harapkan menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja.

Vitri Rahma salah satu peserta mengatakan tujuannya masuk ke balai pelatihan kerja ini untuk mendapatkan ilmu yang lebih baik di bidang komputer, agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Ia berharap, dalam waktu berapa bulan pelatihan kerja ini lebih banyak praktek karena dengan banyak praktek, ilmunya lebih cepat di serap.
(Relhum/IHA)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati buka pelatihan kerja BLK"

Posting Komentar