Karnaval "17an" di Kelumpang Hilir, 10 ribu orang tumpah ruah












Kotabaru, Kalsel -
Kurang lebih 10 ribu orang. Peserta bercampur penonton tumpah ruah di sepanjang jalan poros Kelumpang Hilir di acara karnaval, memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Minggu 20 Agustus 2017.

Camat Kelumpang Hilir, H. Matra, tepat jam 09.00 wita melepas para peserta, start dari kantor kecamatan dan finish di lapangan 11 maret Desa Tegalrejo dengan jarak tempuh kurang lebih 2 KM.

Para peserta tingkat pelajar banyak menampilkan berbagai kreasi replika ka'bah, Masjid.
Mengenakan pakaian; adat nusantara, seni, budaya, pendidik, keagamaan, TNI, Polri dan profesi lainnya. Sedangkan peserta instansi/umum menampilkan seni budaya masing-masing suku.

Kegiatan ini diikuti masing-masing desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Hilir dari tingkat PAUD/TK, SMP, SMA sampai kalangan masyarakat dari berbagai suku.

Kepala Desa Serongga, Sulimansyah mengatakan, kami sangat mengapresiasi acara ini karena banyak hal positif yang dapat di ambil. Dari sektor pendidikan, budaya dan bahkan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antar masyarakat desa guna mempererat dan memperkokoh persatuan antar suku, agama serta memicu kreatifitas warga juga sangat menghibur bagi warga masyarakat,"ujarnya.

Sebelum mencapai finish para peserta harus singgah di posko yang di akomodasi oleh CV. Anugrah Tani "Jimmy Hantu". Menampilkan hasil karya mereka di depan para Muspika yang akan dinilai untuk mendapatkan hadiah dari panitia pelaksana.

Khairul Azmy, Dosen Uniska Banjarmasin dipercaya menjadi salah satu penilai.

Di langangan 11 Maret (tempat finish), di gelar bebagai macam acara diantaranya; atraksi pencak silat, tari, budaya dan lainnya.


Untuk kategori umum : Desa Serongga sebagai Juara I, Desa Telagasari juara II dan Desa Tegalrejo sebagai juara III.

Kategori SD/TK : Juara I, SDIT Darul Hijrah, Juara II, SDN 2 Tegalrejo, Juara III, TK Tunas Bangsa.

Kategori SMP/SMA : Juara I, MTS Sabillul Muttaqin, Juara II, SMPN 1 Kelumpang Hilir dan Juara III, SMAN 1 Kelumpang Hilir.

Pengamanan, panitia pelaksana di bantu pihak kepolisian, LLAJ, TNI, Senkom. Dan menyiapkan tenaga medis puskesmas serongga.

Pihak perusahaan yang berkontribusi dalam kegiatan ini diantaranya; PT.ITP, PT.Smart.
(Syamsir Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karnaval "17an" di Kelumpang Hilir, 10 ribu orang tumpah ruah"

Posting Komentar