Sampah di Jalan Transmigrasi, DLH berharap, Desa Manunggal membuat Depo Sampah.

Tanah Bumbu, Kalsel-
Rahmat P Udoyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu saat di konfirmasi terkait pengelolaan sampah mengatakan, sudah cukup baik.


Menurutnya masyarakat sudah sadar membuang sampah ke TPS, namun, katanya, masih ada masyarakat membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya seperti di pinggir jalan saat berangkat kerja.

Ditambahkannya, Tanah Bumbu sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2017 tentang pengelolaan sampah. Ada sangsi bagi pelanggarnya.

"Kami belum melangkah ke arah peraturan itu. Sekarang hanya melakukan sosialisasi dan pendekatan agar masyarakat mengelola sampah dengan baik dan benar sehingga tanah bumbu bebas sampah."Katanya.

Disinggung adanya sampah yang berserakan di pinggir Jalan Tramigrasi, Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang beberapa waktu lalu, Ia menyatakan, untuk sementara tidakbtermasuk area penanganan.

Namun, katanya, DLH sudah mengangkut sampah yang berserakan itu dan bak sampah di areal pasar manunggal, di tarik karena sudah rusak, tidak layak pakai.

Rahmat  berharap Kepada pihak Kecamatan dan Desa, segera membuat depo sampah, dikelola oleh BUMDES atau sejenisnya agar warga tidak perlu lagi membuang sampah ke TPS.

Karena sudah ada sudah ada petugas yang mengambil sampah ke depan rumah warga, kemudian sampah itu di distribusikan ke depo dan petugas DLH siap untuk mengangkut ke TPA. "Imbuhnya.

Pairan, Kepala Desa Manunggal saat ditemui di kantornya mengatakan, perlu memastikan dulu apakah dengan adanya tempat pembuangan sementara (TPS) dibangun akan ada yang mendistribusikan ke TPA, dan akan selalu berkordinasi dengan kecamatan dan dinas terkaterkait.

Terkait hal itu, Pairan mengatakan, akan segera melakukan musyawarah terkait penanganan sampah agar pembuatan depo sampah bisa terealisasi di anggaran perubahan.

"Untuk depo sampah dimaksud, kita merujuk ke desa barokah yang sudah berhasil melaksanakan."Pungkasnya. (Alamsyah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sampah di Jalan Transmigrasi, DLH berharap, Desa Manunggal membuat Depo Sampah."

Posting Komentar