Mondes: Paman Birin Akan Tindak lanjuti Harga Sawit Anjlok.

Kotabaru Kalsel-
Mondes Sembiring, Ketua Apkasindo  (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) Kotabaru mengaku sempat menyampaikan aspirasi terkait harga sawit yang anjlok Kepada Gubernur, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dan dihadapan Bupati, H. Sayed Jafar ketika dua pimpinan daerah ini berkunjung ke Desa Sahapi, Kelumpang Hilir, Jumat (23/11/2018).

"Saya meyampaikan ke Bapak Gubernur dan Bapak Bupati permasalah tentang harga sawit, yang mana keputusan Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perkebunan Provinsi Kalsel. Harga TBS tidak diikuti oleh perusahaan sawit atau PKS (Pabrik Kelapa Sawit) di Kotabaru.
Rata-rata harga beli PKS hanya Rp 400 - 600 per kilo, dibawah ketetapan harga Disbun Provinsi,"katanya.

Modes Sembiring (tiga dari kiri)

Selain itu, Mondes juga memohon agar pabrik Borneo Sawit Persada yang berada di Desa Sungai Kupang, Cantung, Kelumpang Hulu (yang saat ini ditutup) agar dibuka kembali.

Dibuka untuk menampung sawit petani swadaya mandiri karena menurutnya, pabrik yang ada di wilayah tersebut tidak mampu menampung buah petani.

Mondes juga menyampaikan bahwa KUD Gajah Mada berkeinginan membangun PKS sendiri.

"Mohon Bapak Gubernur dan Bupati membantu perijinannya karena KUD Gajah Mada memiliki kebun sawit sudah mencapai 7.100 hektar."Aku Mondes menambahkan kepada Paman Birin.

Menurut Mondes, dari sekian aspirasi yang disampaikan, petani sawit mengingingkan sekali agar Paman Birin menindaklanjuti terkait harga sawit yang anjlok itu.

"Paman Birin segera menindaklanjuti aspirasi itu,"pungkas Mondes.

(Syamsir Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mondes: Paman Birin Akan Tindak lanjuti Harga Sawit Anjlok."

Posting Komentar