Mustakim: Angkutan TBS Di Kotabaru Rata-rata Melebihi Kapasitas


Kotabaru Kalsel -
Dalam pembahasan di internal Komisi II DPRD maupun rapat dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel terkait angkutan Tandan Buah Segar (TBS) sawit menggunakan jalan umum, yang menjadi catatan Mustakim, anggota DPRD adalah banyak perusahaan di kotabaru, rata-rata melebihi kapasitas angkut. 

“Kita fokus menanganai masalah ini.” Katanya.


Hal itu disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD, Senin (07/01/2019), yang membahas adanya angkutan TBS menggunakan jalan umum di wilayah Pulau Laut Barat.

Ia mengemukakan, setelah membaca Perda Nomor 3 tahun 2008 dan UU Nomor 02 tahun 1999, Kalsel salah satu Provinsi yang berani membuat Perda pelarangan.

Kemudian disebutkannya, Perda Nomor 03 tahun 2008 itu diperbaharui menjadi Perda Nomor 03 tahun 2012. Pasal 4 dinyatakan (mengatur angkutan batu bara dan Tandan Buah Segar).
Tandan Buah Segar hasil perkebunan rakyat, perorangan, dan yang melaksanakan kemitraan dengan perusahaan perkebunan, dapat diangkut melalui jalan umum. Batas angkutan 8 ton.
Diatur juga dalam Perbub. Batas angkutan 6.5 ton.

Agus, yang mewakili Kepala Dinas Perhubungan Kalsel menjelaskan, TBS dapat diangkut melalui jalan umum dengan batas angkutan 8 ton, sesuai dalam buku KIR angkutan, dengan kelas jalan yang dilalui, kelas jalan III.

"Pembatasan jumlah armada angkut dalam waktu yang bersamaan. Diberi jeda. Kalau beriringan cepat merusak jalan. Dan diatur waktu pengangkutannya.
Pengangkutan masih dalam satu wilayah."Paparnya.

Nurviza, mewakili kepala Dinas Perhubungan Kotabaru menambahkan, Kabupaten menetapkan 6.5 ton meneruskan Perbub Provinsi, menurut staf teknik Dinas Bina Marga, karena kekuatan jalan Kotabaru hanya bisa 6.5 ton. “Kalau dipaksakan, jalan akan berlobang.
Supaya ekonomi tetap menggeliat dibolehkan angkutan TBS menggunakan jalan umum tapi dibatasi 6.5 ton. Angkutan harus ditutup dengan jaring atau terpal.”Terangnya.

(IHa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mustakim: Angkutan TBS Di Kotabaru Rata-rata Melebihi Kapasitas"

Posting Komentar