Terkait Pengurangan Sampah Plastik, Ini Tanggapan Sya'yanul Khadevi



Kotabaru, Kalsel -
Komisi III DPRD mendukung adanya surat Edaran Bupati tentang pengurangan sampah plastik, tidak terkecuali Sya’yanul Khadevi, anggota Komisi III DPRD yang disampaikannya dalam Rapat Kerja Komisi III DPRD dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) baru-baru tadi.

“Pada prinsipnya kita mendukung, namun saya hanya menggaris bawahi terkait regulasi bahwa surat edaran ini seyogyannya sudah lahir tahun 2016 (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan surat edaran pada tahun 2016).
Alhamdulillah kotabaru sudah bisa melaksanakan himbauan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pengurangan sampah plastik ini,”paparnya.

“Perlu sosialisasi dan alternatif, “katanya.

Dalam sosialisasi, tambahnya, surat edaran harus ditingkatkan ke Perbub supaya mengikat, sehingga kita mudah mensosialisasikan samapai ke tingkat RT. “Mungkin sampai 6 bulan sosialisasinya,”ucapnya.

Menurutnya, surat Edaran Bupati tentang penguruangan sampah plastik ini hanya menyasar ke mini market. “Kalau menyasar ke pasar tradisional, kita harus tingkatkan regulasinya (Perbub),”paparnya.

“Kami juga ada sosialisasi perbub/perda,”katanya.

Kemudian terkait masalah pencemaran limbah plastik, ia akan singkronisasi dengan Dinas terkait karena di sana ada interpensi anggaran. APBD Kabupaten ada ruang, APBD
Provinsi ada ruangnya bahkan CSR Perusahaan.

“Kita harus singkronisasi untuk pencapaian visi misi, untuk menjadikan kotabaru bersih lingkungan menuju Adipura,”imbuhnya.

Tentunya, sambungnya,  program terkait pencemaran limbah plastik ini, yang harus kita tekankan yaitu sistem pengolahan sampahnya. “Seperti apa sistem pengolahan sampah ini.
Kalau kita mengandalkan  sistem yang sekarang ya seperti ini saja. kita perlu terobosan.
Saya sepakat langkah-langkah yang sudah dilakukan DLHD,”pungkasnya.

(IHa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terkait Pengurangan Sampah Plastik, Ini Tanggapan Sya'yanul Khadevi"

Posting Komentar