Berapa Bulan Selesai, Jalan Paving RT 2 Tapian Balai, Rusak, Rusni: Kita Akan Perbaiki..


Jalan paving di RT 2 Desa Tapian Balai, Kecamatan Pulau Laut Barat terlihat rusak, bergelombang.

Proyek paving sepanjang kurang lebih 100 meter ini berasal dari Dana Desa Tapian Balai Tahun 2019.

Menurut warga mengatakan, jalan paving ini seharusnya dicor dulu dibagian bawah, baru dilapisi pasir supaya pondasi jalannya lebih kuat.

Dia menyebut, material pasir yang digunakan bercampur pasir laut.

"Tidak bisa dielak lagi. Jelas keliatan ada pasir lautnya. Ada pecahan siput kerang lautnya sehingga jelas keliatan jadi kerusakan ini bukan setahun, tapi hanya 4 bulan setelah selesai dikerjakan," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Tapian Balai, Muhammad Rusni, mengatakan pengerjaan proyek itu awal musim kemarau Tahun 2019.

"Maksud saya kemarin kan dicor dulu sedikit-sedikit cuma masyarakat sini menimbunkan tanah langsung," ujarnya saat ditemui, Sabtu (18/7/2020).

Dilanjutkan Rusni, dirinya menyarankan untuk di bagian bawah agak dalam timbunannya.

"Saya kemarin kan rencananya ingin memperbaiki, nanti kita yang ditegur kalau tidak memperbakinya," katanya.

Ditanya RAB dan papan informasi proyek? Rusni tak menunjukkan.
Dia hanya menyebut anggaran proyek itu kurang lebih Rp 200 juta.

Rusni mengaku, dirinya bersama warga sudah bergotong-royong memperbaiki, karena musim hujan, perbaikan akan dilanjutkan di musim panas.

"Masalah pekerjaan ini ibaratnya itu tidak dipantau. Cuman di sini pekerja ini dibilang begini dia malah melotot. Susah masyarakatnya di sini. Kalau saya tetap kalau ada kerusakan itu jelas diperbaiki. Untuk ketua TPK nya setiap tahunnya gantian dimusyawarahkan dulu jadi dibentuk TPK 3 orang," akunya.

Disinggung material pasir yang digunakan?

Rusni mengatakan, proyek itu menggunakan pasir Sungup.

"Kita tidak pernah pakai pasir lokal (laut), kami langsung pakai pasir Sungup semuanya. Pasir lokal itu sebagian kalau amparannya tidak cukup. Kita langsung beli 1 truk pasir Sungup itu bisa berlebihan menambahi kekurangannya tidak semua," ujar Rusni.

Kerusakan jalan paving itu, kata Rusni, akibat dilewati mobil.

"Setelah beberapa hari selesai, ternyata langsung truk menjalani, makanya kami pagar dulu tapi tetep dilewati terus mobil dan taksi mengambil pasir, batu di sini. Jadi percuma saja kalau begitu. Padahal jalan tersebut belum siap dijalani, masih belum kering," ungkapnya.

(Rahman/IHa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Bulan Selesai, Jalan Paving RT 2 Tapian Balai, Rusak, Rusni: Kita Akan Perbaiki.."

Posting Komentar