Idul Adha 31 Juli; Kantor Kemenag Tanbu Akan Buat Imbauan Terkait Protokol Kesehatan

Dr H Ahmad Kamal, S HI, M Ag, Kakandepag Tanah Bumbu

Awal bulan Zulhijjah 1441 Hijriah jatuh, pada 22 Juli 2020, dan dipastikan Idul Adha jatuh, pada Jumat, 31 Juli 2020.

Hal itu diputuskan dalam sidang isbat, pada 21 Juli 2020.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Bumbu, Ahmad Kamal mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini perlu adanya panduan resmi penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441 H Tahun 2020 M menuju masyarakat sadar protokol kesehatan.

“Nanti kami akan buatkan surat imbauan khusus tentang penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban," ujarnya.

Dengan begitu, lanjutnya, pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan optimal serta terjaga dari penularan Covid-19.

Dijelaskannya, ada dua hal pokok yang akan diatur dalam surat imbauan tersebut, yaitu, penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

“Salat Idul Adha maupun penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di masjid, musala, serta lapangan wajib memperhatikan protokol kesehatan.
Petugas panitia harus menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun, hand sanitizer di pintu jalur masuk dan keluar. Menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus minimal jarak 1 meter,” imbuhnya.

Untuk penyelenggara, pihaknya menyampaikan, agar memberikan imbauan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan sebelum pelaksanaan salat Idul Adha di antaranya, jamaah dalam kondisi sehat, membawa sajadah, alas salat masing-masing. Menggunakan masker sejak keluar rumah dan selama berada di area tempat pelaksanaan salat dan kurban.

Selain itu, panitia kurban harus memperhatikan kesehatan hewan kurbannya dan panitia mengantar langsung daging kurban kepada yang berhak menerimanya untuk menghindari perkumpulan orang banyak,.

“Diharapkan kepada penyelenggara agar memberikan imbauan kepada jemaah salat Idul Adha untuk melaksanakan protokol kesehatan,” tutupnya.

(Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Idul Adha 31 Juli; Kantor Kemenag Tanbu Akan Buat Imbauan Terkait Protokol Kesehatan"

Posting Komentar