Lapas Kelas II Kotabaru Bekali Warga Binaan Sebelum Bebas


Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kabupaten Kotabaru, Kalsel mempunyai program pembinaan kemandirian untuk warga binaan yang masih memiliki masa tahanan. Program tersebut, agar warga binaan memiliki keterampilan saat menghirup udara bebas.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas II A Kotabaru, Mawardi mengatakan, ada 3 program yang akan direaliasi, yaitu: program kemandirian pertukangan, program tanaman hidroponic, dan program keterampilan kerajinan tangan.

"Tujuannya untuk bekal kepada narapidana yang sudah dibebaskan. Jadi narapidana yang sudah bebas dia mempunyai keterampilan, kebisaan di dunia luar," kata Mawardi.

Mawardi menambahkan, program tersebut berasal dari Kementrian Hukum dan HAM
dan akan berjalan secara rutin. Selain itu, dalam hal ini pihak Lapas juga bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) setempat.

"Jadi kita, nantinya juga akan bekerja sama dengan BLK. Dalam 1 tahun kita punya 4 paket kegiatan. Paket pertama yaitu pelatihan teknik las, tanaman hidroponic, dan paket seterusnya akan berlanjut," terangnya.

Mawardi pun berharap kegiatan tersebut benar-benar memberikan dampak positif kepada warga binaan. Karena menurutnya, kegiatan ini dirancang agar narapidana mendapat pengetahuan dan skill.

"Harapan saya untuk pembinaan birokrat ini supaya bisa mendapat ilmu. Karena program kita ini betul-betul untuk warga binaan, semata-mata untuk mereka," tutupnya.

(Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lapas Kelas II Kotabaru Bekali Warga Binaan Sebelum Bebas"

Posting Komentar