Sebulan Hidayat di Lapas Kotabaru, Napi Tidur Tak Bergelantungan Lagi..


Kurang lebih sebulan menjabat Kalapas Kelas II Kotabaru, Hidayat, langsung menggelar pertemuan dengan sejumlah awak media yang bertugas Kotabaru.

Pertemuan yang dikemas dalam acara ngobrol santai atau coffee morning itu digelar di ruang Lapas Kotabaru, Kamis (23/7/2020).

"Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta," ucap Hidayat mengawali sambutannya.

Dalam pertemuan itu terungkap, banyak perubahan yang sudah dilakukan Hidayat, utamanya, narapidana (napi) tidur sudah tak bergelantungan; dibuatkan tempat tidur dari kayu semacam dipan bertingkat.

"Pembinaan tak berhasil apabila tak ada dukungan semua pihak. Keberhasilan bembinaan ditentukan oleh petugas, narapidana, pemerintah dan masyarakat, harus bisa mensupport," katanya.

Selain itu, lanjutnya, program pembinaan yang sedang dilakukan di antaranya kegiatan pelatihan hidroponik, pelatihan kemandirian bekerja sama dengan BLK.
Prorgam humanis monitoring, membangun komunikasi dua arah, deteksi dini kesehatan, sarana prasarana, dan gangguan kamtib.

"Agar bisa terbangun komunikasi dua arah, kotak pengaduan juga ditempatkan di kamar narapidana masing-masing," paparnya.

Lapas Kelas II, kata Hidayat,  kapasitasnya hanya 287 orang, tapi sudah diisi 940 warga binaan. "Over kapasitas tiga ratus persen," bebernya.

Disinggung terkait WC di Lapas?
Hidayat mengatakan, sudah melakukan pembenahan. " Sudah tidak tercium bau lagi kan!?" ucapnya.

Dia juga berharap kalau ada pihak yang membantu membangunkan tambahan WC di Lapas.

"Kalau rekan-rekan wartawan bisa meneruskan ya terima kasih," ucapnya.

(IHa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebulan Hidayat di Lapas Kotabaru, Napi Tidur Tak Bergelantungan Lagi.."

Posting Komentar