Wisnu Paparkan Inovasi Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas...

Foto/Istimewa

Dari data  WHO, Indonesia penyumbang kematian tertinggi ketiga dunia akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
1 orang meninggal setiap 24 detik, akibat berkendara melebihi batas kecepatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu Putu Wisnu Wardhana, mencoba berinovasi dalam tema Terminator Road Safety yang diseminarkan secara virtual di hadapan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Rabu (22/07/2020), di ruang rapat BPBD Tanah Bumbu.

Wisnu memaparkan, sebagai inovasi yaitu pembuatan alat pengingat kecepatan pengemudi, di mana akan berfungsi di saat pengemudi telah memacu kendaraan pada batas kecepatan 60 kilometer per jam.

“Dengan melebihi kecepatan itu maka akan terdengar suara rekaman orang tertentu, misalnya, suara rekaman anak sendiri yang mengingatkan orang tuanya agar mengurangi kecepatannya saat berkendara,” terang Wisnu.

Wisnu menambahkan, inovasi sebagai proyek perubahan seminar nasional Kementerian Perhubungan RI tersebut, bertujuan meminimalisir fatalitas kecelakaan, di mana telah memacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Disamping itu turut menjadi pengendalian dalam arus transportasi.

Tindak lanjut ke depan, Wisnu akan mengusulkan kebijakan nasional tentang pembatasan kecepatan kendaraan pada wilayah tertentu seperti wilayah perkotaan yang diizinkan berkendara maksimal 40 kilometer per jam.

“Melalui inovasi ini diharapkan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak hingga dapat diimplementasikan para pengguna jalan demi mewujudkan kecelakaaan nihil di jalan raya atau zero accident,” pungkasnya

(Ril/Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisnu Paparkan Inovasi Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas..."

Posting Komentar