Dilapori Ada Calo di Dinas Capil Kotabaru, Roby Sidak Nyamar. Hasilnya...

Foto/Istimewa. Roby saat sidak Dinas Catatan Sipil Kotabaru, menyamar ala-ala petani.

Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalsel, Rabiansyah atau Roby menyidak Dinas Catatan Sipil (Capil), Selasa (11/8/2020).

Uniknya, Roby melakukan sidak dengan cara menyamar.

Sekretaris Komisi I DPRD Kotabaru itu menjelaskan, hal ini menindaklanjuti laporan masyarakat yang menyebut adanya praktik calo di Dinas Catatan Sipil.

"Bahkan untuk KTP dan KK masih ada laporan calo meminta Rp 150 ribu sampe Rp 500-an dalam proses pembuatan cepat, mudah, dan langsung jadi," ucap Roby.

Roby mengatakan, saat sidak dirinya tidak menemukan apa-apa. Malah, katanya, petugas justru melayaninya dengan baik dan proses pembuatan KTP, KK, KIA, berjalan dengan cepat.

"Tetapi Alhamdulillah setelah sampai di Capil, para petugas melayani dengan baik, menanyakan kepentingan kita dan mengarahkan dengan sopan apa yang harus disyaratkan dalam proses pembuatan KK, KTP, KIA, dan akta kelahiran. Sore hari sudah ada yang sudah jadi dan terbukti tidak ada calo dan pembayaran alias gratis," ungkap Roby.

Usai sidak, anggota DPRD muda itu mendatangi Kepala Dinas Catatan Sipil. "Kepala Dinas berterima kasih dan menegaskan tidak ada calo di instansinya," kutip Roby.

Bahkan, ujar Roby, Kepala Dinas mengajaknya berkeliling memastikan ruang-ruang pelayanan dan menyampaikan ada 32 orang tenaga honor yang bekerja di instansinya yang sdikit butuh kesejahteraan.

Roby meminta agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih kepada masyarakat yang ada di luar pulau.

"Sebagai mitra Komisi I, kami mengucapkan terima kasih atas komitmen Capil Kotabaru atas pelayanan cepat, mudah, dan ramah. Dan kami meminta lebih ditingkatkan lagi pelayanan terhadap warga, lebih-lebih lagi warga kita yang ada di kepulauan dan kecamatan terujung seperti Sungai Durian, Bakau Sana," tutup Roby.

(Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dilapori Ada Calo di Dinas Capil Kotabaru, Roby Sidak Nyamar. Hasilnya..."

Posting Komentar