Salah Satu Raperda Inisiatif DPRD Yang Diajukan; Terkait Nelayan

Foto/Istimewa

DPRD Kabupaten Tanah Bumbu mengajukan empat rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif dalam rapat paripurna DPRD, Senin (10/8/2020).

Selain dihadiri Bupati H Sudian Noor, rapat paripurna ini juga dihadiri; Wakil Bupati H Ready Kambo, Forkopimda, Sekreatris Daerah H Rooswandi Salem, kepala SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu, dan pimpinan BUMN/BUMD.

Empat raperda inisiatif yang diajukan DPRD antara lain:

1.) Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah; 2). Raperda Keolahragaan;
3). Raperda Pengelolaan Perikanan Pada Perairan Umum Daratan; dan
4). Raperda Pemberdayaan Nelayan Kecil.

Ketua DPRD Tanah Bumbu H Supiansyah mengatakan, raperda inisiatif yang diajukan itu dilatarbelakangi kepekaan dan kepedulian DPRD Tanbu terhadap aspirasi yang diserap dan disampaikan masyarakat.

Salah satunya, kata H Upi, sapaan akrab H Supiansyah, yakni, Raperda Pemberdayaan Nelayan Kecil.

Di mana, katanya, sebagian besar penduduk Kabupaten Tanah Bumbu mengandalkan pendapatan dari pekerjaan sebagai nelayan, hal ini karena mereka tinggal di daerah yang dekat dengan laut dan pantai.

"Mereka (Nelayan) sangat tergantung terhadap sumber daya ikan, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, kepastian usaha, akses permodalan, dan teknologi informasi sehingga membutuhkan pemberdayaan," paparnya.

Selama ini, ungkap H Upi, nelayan bekerja secara sederhana dan tradisional, baik dari sisi peralatan maupun sarana dan prasarana yang sebagian besar hanya bergantung pada tanda-tanda alam untuk turun melaut mencari ikan.

Untuk itu, katanya, pemberdayaan terhadap nelayan kecil sangat perlu dilakukan dengan cara memberikan pelatihan cara menangkap ikan secara modern. Pengoperasian peralatan tangkap ikan, aspek keselamatan kerja, bahkan penambahan modal untuk menjalankan usaha.

"Salah satu raperda terkait nelayan yang diajukan itu semata-mata untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan kecil di dalam menaikan taraf hidup nelayan dan agar lebih baik lagi di masa mendatang," pungkasnya.

(Ril/Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salah Satu Raperda Inisiatif DPRD Yang Diajukan; Terkait Nelayan"

Posting Komentar