Banjir di Satui, Eryanto Imbau Warga Waspada...

Foto/Istimewa

Sejumlah pemukiman warga di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu terendam banjir setelah beberapa hari diguyur  hujan deras.

Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais saat dikonfirmasi via WA, Kamis (03/9/2020), mengatakan sementara laporan yang masuk baru Kecamatan Satui terendam.

Dijelaskannya, beberapa desa yang terendam banjir, yaitu, Desa Sinar Bulan, Sungai Danau, dan Desa Sejahtera Mulia.

"Untuk ketinggian debit air diketahui neningkat/meninggi sekitar 2 sampai dengan 3 meter. Dan diprediksikan akan terus meningkat mengingat cuaca kembali mendung untuk wilayah Kecamatan Satui," tambahnya.

Dikatakannya, banjir yang terjadi ini diakibatkan meluapnya Sungai Satui dan curah hujan yang tinggi.

"Warga yang terdampak banjir di Desa Sinar Bulan 628 jiwa (120 KK),  Sungai Danau 3.266 jiwa (917 KK), dan Desa Sejahtera Mulia (238 KK)," paparnya.

Warga  yang terdampak banjir di Desa Sinar Bulan, katanya, sudah mulai mengungsi ke SMPN 4 Satui, sedangkan warga Desa Sungai Danau memilih bertahan di rumah masing-masing.

Masih dipaparkan Eryanto, di lokasi banjir di Desa Sejahtera Mulia, Forkopimcam melalui Pemdes sudah mendirikan dapur umum untuk keperluan bantuan pangan warga terdampak banjir

Eryanto mengimbau masyarakat yang berada di daerah rawan bencana banjir, agar waspada terhadap curah hujan tinggi dan segera ke tempat yang lebih aman dan tinggi, lebih utama menyelamatkan jiwa.

"Apabila tempat tinggalnya tergenang air, segera putuskan aliran listrik. Melapor ke RT, aparatur desa, dan kecamatan untuk dilakukan bantuan evakuasi ke tempat penampungan," pungkasnya.

(Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banjir di Satui, Eryanto Imbau Warga Waspada..."

Posting Komentar