SHM-MAR Turunan Pembakal Tuha Batulicin-Satui


Syafruddin H Maming (SHM) dan M Alpiya Rakhman (MAR), politisi muda yang maju di Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, tahun 2020 ini.

Syafruddin H Maming (SHM) atau Cuncung adalah mantan anggota DPR RI dari PDIP sekaligus kakak mantan Bupati Tanah Bumbu dua priode, Mardani H Maming (MHM).

Sedangkan M Alpiya Rakhman (MAR) adalah alumni mahasiswa S2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Banjarmasin, dan masih menjabat wakil Ketua DPC Partai Gerindra Tanah Bumbu.

Namun demikian, nampaknya masyarakat belum mengetahui lebih jauh tentang profesi leluhur kedua calon kepala daerah Tanah Bumbu ini.

Usut punya usut, ternyata Syafruddin H Maming  adalah anak mendiang Pembakal Batulicin, H Maming
Sedangkan M Alpiya Rahman adalah cucu mendiang Pembakal Satui, Abidin.

Kepala Desa, Dulu Disebut Pembakal.

Karena sudah menjadi kebiasaan turun-temurun, masyarakat Kalsel menyebut kepala desa itu dengan sebutan pembakal.

Dulu, seseorang bisa diangkat atau dipilih menjadi pembakal harus berpengaruh; berilmu, pemberani, arif, bijaksana, dan kaya.

Dulu, jabatan pembakal tidak dibatasi, bahkan ada setelah berpulang baru diganti.

Pembakal yang belum meninggal tapi sudah ada penggantinya, tetap disebut pembakal; pembakal (kepala desa) tuha (yang dituakan).

Di antara pembakal yang cukup terkenal di Batulicin, Tanah Bumbu adalah Pembakal Maming (belum berhaji waktu itu). Dan seorang pembakal lagi, juga cukup terkenal adalah Pembakal Satui Barat, Abidin (belum berhaji waktu itu).

Keduanya cukup lama menjadi pembakal, sampai sudah berumur.

(Ril/Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SHM-MAR Turunan Pembakal Tuha Batulicin-Satui"

Posting Komentar