Tak Ada Anggaran, 4 Anggota DPRD Pakai Pokirnya untuk UMSK

Foto/FB Roby

Empat Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalsel: Rabbiansyah atau Roby, Denny Hendro Kurnianto, Bahrul Ilmi, dan Harmono mendukung Dinas Tenaga Kerja Kotabaru untuk melaksanakan tahapan sampai dengan ditetapkannya Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK).

Karena anggaran untuk tahapan UMSK itu tidak ada, pun di APBD 2021, mereka rela patungan menggunakan anggaran pokok pikiran (Pokir) masing-masing.

Rabbiansyah Rp 250 juta, Denny Hendro Kurnianto Rp 200 juta, Bahrul Ilmi Rp 100 juta, dan Harmono Rp 50 juta. Maka, terkumpul lah Rp 600 juta, kurang Rp 150 juta dari target anggaran untuk tahapan UMSK itu Rp 750 juta.

"Mudah-mudahan dengan anggaran yang diberikan secara patungan ini, tahapan untuk UMSK Kotabaru bisa dijalankan oleh Disnaker, dan Dewan Pengupahan bisa bekerja dengan baik untuk kesejahteraan kaum buruh Kotabaru," kata Roby saat diwawancara via WA, Senin (31/8/2020).

Robby mengemukakan, pihaknya sudah memperjuangkan UMSK sejak tahun 2016. Bahkan, katanya, pada tahun 2018 sudah dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) membahas terkait UMSK ini, tapi, pagu anggarannya tidak muncul tahun itu.

"Semua kembali bahwasanya keuangan daerah yang sangat minim dan banyak sektor lain yang menjadi skala proritas daerah. Begitu juga dengan pembahasan APBD Murni tahun 2021, kembali kita tidak mampu untuk meletakan pagu anggaran karena kembali keuangan daerah yang ingin fokus ke Covid-19 dan bayar utang daerah kepada kontraktor," ucapnya.

Komisi I, lanjut Roby, juga pernah memberikan rekomendasi lewat notulen sebesar Rp 750 juta untuk tahapan UMSK itu, tapi hasilnya tetap nihil, karena kalah dengan skala prioritas daerah.

"Tetap, di Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tidak mampu diangkat anggaran untuk tahaoan UMSK itu, karena terkalahkan dengan skala proritas yang benar-benar dibutuhkan oleh warga masyarakat se-Kabupaten Kotabaru, baik untuk kesehatan, pendidikan, jalan, dan jembatan serta skala proritas daerah lainnya," terang Roby.

(Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Ada Anggaran, 4 Anggota DPRD Pakai Pokirnya untuk UMSK"

Posting Komentar