Bupati Sambut Gembira Pesta Adat Dayak di Gunung Sawaan


Foto/Istimewa

Bupati Tanah Bumbu yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakat dan Sumber Daya Manusia Tanah Bumbu menghadiri pesta Adat Budaya Dayak di Gunung Sawaan, Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat, Kamis 15 Oktober 2020.

Acara tersebut diikuti seluruh Warga Dayak se-Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Ketua FIDN Tanah Bumbu, Mantikei dalam sambutanya, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Mantikei berharap, kegiatan ini tetap terus dilaksanakan, sehingga dapat melestarikan adat budaya yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Demikian halnya Ketua Damang Tanah Bumbu, Abdul Karim mengajak seluruh warga dayak untuk turut serta mensukseskan Pilkada dengan tidak melakukan golput dan memilih sesuai pilihan masing-masing. Sebab, ucapnya, lembaga adat tidak boleh berpolitik praktis.

Abdul Karim juga meminta kepada Pemerintah Daerah agar membuatkan perda terkait lembaga adat sehingga ada payung hukumnya, baik itu lembaga adat yang ada di desa maupun di tingkat kabupaten.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Anwar Salujang, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, menyambut gembira dengan dilaksanakannya Pesta Budaya Adat Dayak ini.

Karena, lanjutnya, di samping menjadi ruang dan sarana untuk mengenalkan kekayaan Budaya Adat Dayak, juga menjadi gerakan untuk memelihara eksistensi Budaya Adat Dayak yang memang semestinya dipelihara, sebab Budaya Adat Dayak tidak hanya kaya dengan jenis dan bentuknya, tetapi memiliki kebermaknaan dari berbagai sisi kehidupan manusia.

Oleh karena itu,  katanya, sebagai warisan leluhur seni budaya daerah, yang sarat akan kearifan lokal, Budaya Adat Dayak, hendaknya tidak saja dapat dijaga dan dilestarikan, akan tetapi  harus mampu terus berkembang, agar dapat lebih dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas, sehingga mampu menjadi ikon seni budaya di daerah ini, dan menjadi bagian dari upaya peningkatan bidang kepariwisataan dan prekonomian di Bumi Bersujud.

(Ril/Alam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Sambut Gembira Pesta Adat Dayak di Gunung Sawaan"

Posting Komentar