"Hayu..!" Lapas Kotabaru Tes Urin Acak WB-nya


Petugas Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Kabupaten Kotabaru, Kalsel, memperlihatkan hasil tes urin salah satu warga binaan.

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Kotabaru, Kalsel, melakukan tes urin secara acak kepada 33 warga binaannya. 

Tes urin bertujuan untuk mencegah masuknya perederan narkoba di internal Lapas.

Kapala Lapas Kotabaru, Hidayat, mengatakan pihaknya mengambil kebijakan tersebut karena adanya instruksi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dari Irjen Permasyarakat. 

"Salah satunya kita mengkuti program asimilasi, integrasi," ujar Hidayat, Kamis (11/2/2021).

Hidayat menambahkan, ini adalah salah satu bentuk keseriusan Lapas dalam mencegah peredaran Narkoba. Hal ini juga tertuju kepada warga binaan (WB) yang melakukan program pembinaan dan tahanan yang baru masuk.

"Menunjukan keseriusan, konsen terhadap pemberantasan narkoba. Terutama upaya kita mencegah narkoba di dalam Lapas," kata Hidayat.

Eks Kapala Lapas Nusa Kambangan itu juga membeberkan, selain tes urin, juga dilakukan sosialisasi pencegahan narkoba yang bekerja sama dengan Polres Kotabaru.

"Dan juga kita akan melakukan tes terhadap petugas. Kalo memang anu (terbukti positif) kita juga akan melakukan tindakan baik pembinaan secara mandiri, maupun rehab, maupun ditindak sesuai hukum yang berlaku," tutupnya.

Adapun hasil tes yang sudah dilakukan secara random, 33 Warga Binaan dinyatakan negatif.

(Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Hayu..!" Lapas Kotabaru Tes Urin Acak WB-nya"

Posting Komentar