RDP DPRD; (info) PT MSAM akan Gusur Lahan Kerbau di Pulaulaut Kepulauan, Adam: Rencana...

 


Masalah kandang kerbau di Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru, Kalsel yang sudah dikelola masyarakat dan terkait dengan lahan PT MSAM dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Kotabaru, Selasa (23/2/2021).

RDP ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kotabaru H Muhkni.AF, dan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah daerah terkait, manajemen PT MSAM, Kepala Desa Tanjung Lalak Utara, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Rinto, dan sejumlah perwakilan masyarakat Kecamatan Pulau Laut Kepulauan.

“Lahan kandang kerbau di Pulau Laut Kepulauan itu sudah ratusan tahun dikelola masyarakat di lahan aset daerah Kotabaru,” papar Mukhni.

“Luasan lahannya (aset Pemda keseluruhan, bukan lahan kerbau seluruhnya) kurang lebih 4.171 hektare,” kata Kabid Aset BPKAD Kotabaru, Sopiani Riadi atau Uncui.

Kepala Desa Tanjung Lalak Utara, Rinto mengemukakan masyarakat mendapat informasi bahwa tanggal 1 Maret 2021 kandang kerbau tersebut akan didobrak atau digusur pihak perusahaan PT MSAM dan akan dijadikan kebun sawit.

“Kami kaget, izin tidak ada, pemberitahuan tidak ada, kesepakatan tidak ada. Masyarakat kaget dan gelisah dengan adanya kabar itu. Tanah kandang ini adalah sudah tanah leluhur kami, tanah yang kami kelola. Untuk kuliah jual kerbau, mau haji jual kerbau, mau kawin juga jual kerbau (sudah menjadi mata pencaharian masyarakat),” ungkap Rinto.

Apakah memang ada rencana mendorong lahan kerbau itu?

“Kalau rencana memang harus kita lakukan, tapi kan kita harus clear dan clean dong!” kata General Manager PT MSAM, Adam Silvanus.

(IHa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RDP DPRD; (info) PT MSAM akan Gusur Lahan Kerbau di Pulaulaut Kepulauan, Adam: Rencana..."

Posting Komentar