RDP DPRD: Terkait Tuntutan Plasma H Dulman - PT BSS; Belum Selesai


Baca: http://www.sentral14.id/2020/10/rdp-drpd-lahan-plasma-di-pt-bss-belum.html

DPRD Kotabaru melalui Komisi I kembali menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait tuntutan lahan plasma masyarakat di Pulau Laut Timur ke PT Bersama Sejahter Sakti (BSS) atau group Minamas; selama kurang lebih 30 tahun belum terealisasi.

RDP yang dipimpin Ketua Komisi II DPRD Kotabaru Jerry Lumenta ini, selain dihadiri H Dulman CS, perwakilan masyarakat di Pulau Laut Timur yang menuntut realisasi plasma inti PT BSS, juga dihadiri manajemen PT BSS, Camat Pulau Laut Timur Tri Basuki Rachmad, Kasi Kemitraan Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Kotabaru Andies.S, Kepala Desa Tanjung Pengharapan Rudi Gunawan.

Di RDP ini, antara H Dulman dan pihak PT BSS belum ada titik temu, namun demikian, pihak H Dulman meminta DPRD Kotabaru melakukan audit terkait lahan PT BSS yang dilaksanakan melalui pansus DPRD. "Kalau tidak realisasi juga, kita akan gugat class action," kata Dulman.

Menanggapi permintaan H Dulman itu, Jerry Lumenta, mengatakan untuk pembentukan pansus itu harus dibahas dan disetujui beberapa fraksi yang ada di  DPRD Kotabaru.

“(H Dulman) bikin lagi surat (ditujukan) ke Ketua DPRD Kotabaru, untuk diadakan RDP gabungan . Di situlah kalau mau mengusulkan pansus, nanti berdebat semua fraksi yang hadir, karena pansus itu harus persetujuan beberapa fraksi, kasusnya apa? Apakah perlu di-pansuskan atau cukup di RDP,” kata Jerry.

Sebelumnya, terkait tuntutan plasma perwakilan masyarakat Pulau Laut Timur itu, Camat Pulau Laut Timur Tri Basuki Rahmat, memaparkan, tuntutan plasma 2300 hektare itu, “Ada beberapa yang masuk kawasan hutan, sehingga yang bisa diproses (plasma) hanya 881 hektare di Desa Sejakah dan Desa Bekambit.”

“Proses sudah berjalan, setelah tahun gak kelar-kelar, yang lama kemarin proses kepastian clear and clean status tanahnya dari kementerian. Sekarang tinggal nunggu SK (ditandatangani Bupati Sayed Jafar) sudah di meja Bupati,” kata Basuki.

(IHa)


 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RDP DPRD: Terkait Tuntutan Plasma H Dulman - PT BSS; Belum Selesai "

Posting Komentar