Roby: (kita) Pemda Harusnya Hadir Mengurus Masalah Masyarakat dengan PT STC; (ini) LSM yang 'Bahimat'


Sekertaris Komisi 1 DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalsel, Rabbiansyah atau Roby menyayangkan kepada seluruh pihak terkait yang tidak hadir dalam polemik PT Sebuku Tanjung Coal (STC) Jo PT Hillcon dengan masyarakat Pulau Laut Tengah.

Politisi muda itu sependapat dengan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Akhmad Asbili, yang mengimbau untuk mencari solusi dan titik permasalahan.

"Kita semua tidak hadir di sini. Malu kita sebenarnya, dosa kita! Pemegang kebijakan, mempunyai kewenangan tapi tidak mampu, kita serahkan kepada LSM, kita serahkan kepada Kepala Desa, ngga bisa mereka mengintervensi (menekan perusahaan)," ungkap Roby, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) atas permintaan LSM Formula terkait masalah ketenagakerjaan, belasting, dan angkutan batu bara melintasi jalan provinsi di Salino, Pulau Laut Tengah, RDP digelar, Senin (8/2/2021).

Roby pun meminta anggota dewan dan pihak eksekutif agar jangan fokus kepada satu perusahaan. Sebutnya, 122 perusahaan yang ada di Kotabaru adalah pintu masuk untuk memperbaiki sistem ketenagakerjaan.

"Kita wajib hadir! Kita bisa, daerah mempunyai kewenangan untuk mengintervensi itu. Caranya seperti apa? Yaitu komunikasi. Tapi yang disuruh ini jangan kepala desa! Bupati ke bawah! Supaya apa, supaya masalah ketenagakerjaan di Kotabaru mengerucut," kata Roby.

Roby menduga, data pekerja PT. STC  yang masuk ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru, tidak valid. Berdasarkan pemaparan, data pekerja PT. STC yang masuk ke Dinas Tenaga kerja 156 lokal dan 151 non lokal. Sedangkan data yang masuk di Desa  Sungup dan Selaru ada sekitar 700 sampai 900 orang, tapi tidak sebanyak itu yang diterima bekerja

"Data di Disnaker ada 300-an, ternyata data yang ada dilaporan kepala desa 700 sampai 900," kata Roby.

Sebelumnya, Ketua LSM Formula, Ms. Marikan mempertanyakan pola penerimaan tenaga kerja lokal yang melalui kepala desa setempat. Selain itu. Aktivis senior ini juga mempertanyakan janji PT. Sebuku Tanjung Coal yang akan merekrut tenaga kerja sebanyak 7000 orang.

(Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Roby: (kita) Pemda Harusnya Hadir Mengurus Masalah Masyarakat dengan PT STC; (ini) LSM yang 'Bahimat'"

Posting Komentar