VidCon Terkait Karhutla, Plh Bupati: Kita Sudah Petakan...


"Kita sudah punya pemetaan dari Forkompimda, daerah mana saja yang rawan kebakaran."

Demikian dikatakan Plh Bupati Kotabaru H Said Akhmad usai mengikuti VidCon pengarahan Presiden Republik Indonesia tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021. VidCon diikuti di Operation Room Setda Kotabaru, Senin (22/2/2021).

Nanti, kata Said, tinggal menindaklanjuti pada musim kemarau yang diperkirakan BMKG seperti yang diutarakan oleh Presiden yang terjadi antara bulan Mei dan puncaknya pada bulan Agustus dan September.

"Kita berdoa, mudah-mudahan tidak ada kemarau seperti tahun lalu,” ungkap Said.

Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin mengatakan pihaknya telah memetakan daerah rawan karhutla; Pulau Laut Barat, Pulau Laut Timur dan Pulau laut Tengah.

"Poin terpenting saat ini adalah bagaimana semua stakeholder bersinergi, berkolaborasi untuk bisa melakukan pencegahan, sesuai yang ditekankan oleh presiden. Jangan apinya besar lalu kita kerja,” ucapnya.

Stakeholder, kata Kapolres, dari pemerintah hingga ke tingkat desa, Kodim hingga tingkat Bhabinsa, Polres sampai ke tingkat Bhabinkamtibmas, akan berkolaborasi untuk mengedukasi masyarakat. 

"Pencegahannya melalui cara edukasi, agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara pembakaran hutan," katanya.

Menurut data, katanya, 99 persen kebakaran hutan dan lahan itu disebabkan oleh manusia, yang semuanya menyangkut faktor ekonomi, baik itu dilakukan perorangan maupun korporasi.

"Itu lah nanti yang akan menjadi target edukasi, pihak perorangan maupun korporasi yang berpotensi melakukan pembakaran lahan, sehingga mudah-mudahan tidak ada lagi terjadi kebakaran hutan di Kabupaten Kotabaru," katanya.

"Memang kalau membuka lahan dengan cara membakar itu kan cepat dan otomatis mengurangi biaya, tapi itu merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem serta mengganggu masyarakat lain. Jadi untuk kepentingan umum kami tekankan jangan membuka lahan dengan cara membakar,” pungkasnya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VidCon Terkait Karhutla, Plh Bupati: Kita Sudah Petakan... "

Posting Komentar