Asisten II Setda Buka Kegiatan Griya Sehat...


Foto/Kominfo Kotabaru.

Kegiatan sosialisasi ini adalah upaya mengangkat budaya tradisional. Apalagi, Kabupaten Kotabaru, Kalsel, memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu seperempat dari Provinsi Kalimantan Selatan dengan potensi tanaman obat-obatan khas Kalimantan yang beraneka ragam.

Demikian yang dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru, Akhmad Rivai, saat membuka sosialisasi pengembangan griya sehat dan kunjungan ke calon griya sehat dalam rangka fasilitasi pembentukan calon griya sehat yang berlangsung di Ballroom Grand surya Kotabaru, Senin (8/3/2021)

Akhmad Rivai melanjutkan, Pulau Laut mempunyai berbagai macam tanaman herbal atau obat-obatan tradisional seperti : temulawak, jahe, laos, dan kencur. 

Selain tanaman herbal, Pulau Laut juga mempunyai pola pengobatan tradisional akupuntur.

"Harapan kita, dengan mengajukan proposal yang diserahkan kepada Dr.Gita Swisari dari Kementrian Kesehatan RI dan pada tahun 2022 akan dibangunkan gedung griya sehat ini, dengan fasilitas alat alat kesehatan lainnya, dengan terbentuknya griya sehat di Pantai Gedambaan dan sudah ada pos kesehatan masyarakat yang berekreasi di wisata tersebut dapat melakukan pengobatan tradisional akupuntur," katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hj.Ernawati dalam laporannya menyebut, sebanyak 28 puskesmas yang di daerah sudah mempunyai tanaman obat keluarga. Adapun output dari kegiatan griya sehat agar dapat memberikan Pengobatan Tradisional kepada masyarakat secara menyeluruh.

"Salah satu kegiatan yang sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kotabaru dan  sesuai Visi Misi Bupati Kotabaru tentang Pariwisata dan Agrobisnis kita wujudkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terjangkau, merata, adil dan berkualitas serta mengemukakan  kearifan lokal yang didukung dengan pengembangan sistem dan data base riwayat kesehatan Berbasia Kecamatan, salah satunya melalui Wisata Griya Sehat  Pantai Gedambaan ( Wigas Pian )," Ucap Hj.Ernawati

(Ril/Dody)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asisten II Setda Buka Kegiatan Griya Sehat..."

Posting Komentar