Musda KNPI, Rivai: ke Depan Betul-betul Punya Program, Khairian: Jangan Duitnya Dipakai, Tapi...


Foto/Ist. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kotabaru, H. Akhmad Rivai (kiri), Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru, Khairian Ansari.

"Ke depan, KNPI Kotabaru betul-betul punya program dan kegiatan yang jelas dilaksanakan."

Demikian dikatakan Plh. Bupati melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru, H. Akhmad Rivai di Musda ke-XIV KNPI Kotabaru yang digelar di Operation Room Setda Kotabaru, Minggu(20/3/2021).

Dalam dua tahun terakhir ini, di masa pandemi Covid-19, kata Rivai, masih ketidakjelasan anggaran APBN atau APBD.

"Apalagi tahun ini kementerian keuangan sudah merefocusing sumber dana dari DAU, DAU ini kan kebanyakan kegiatan-kegiatan yang ada di SKPD, nah oleh karena itulah perlu kita sikapi kepada SKPD begitu mungkin diminta oleh tim anggaran atau BPKAD terhadap kegiatan-kegiatan, tolong diseleksi betul-betul oleh SKPD masing-masing, mana yang penting dan mana yang tidak penting," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata,  Pemuda dan Olahraga Kotabaru, Khairian Anshari, menambahkan kepemimpinan KNPI yang baru setidaknya punya tiga hal; membawa KNPI untuk senantiasa bersenergi dengan pemerintah daerah, mampu membuat KNPI mandiri, dan mampu bersinergi dengan program-program lainnya.

"Kalau soal mandiri ini ada kaitan keterbatasan-keterbatasan. Kami akan duduk bersama dengan KNPI dan sebenarnya sudah ada beberapa konsep yang kita coba tawarkan, misalnya KNPI ini supaya mandiri tidak tergantung dengan anggaran yang macam-macam lah," katanya.

Memberikan ruang, kata Khairian, untuk mereka (KNPI) punya sebuah unit usaha yang bisa membiayai kegiatan KNPI.

"Itu memungkinkan, tentu saja kita akan memperjuangkan. Bagaimanapun kita tetap berusaha memperjuangkan supaya KNPI juga mendapatkan anggaran hibah asalkan sesuai ketentuan," tututnya.

Karena bagaimanapun, Khairian  mengimbuhkan, pemuda itu urusan wajib. 

"Pemerintah daerah wajib mengayomi, bentuknya bagaimana? Salah satunya memberikan mereka (pemuda KNPI) ruang untuk menerima dana hibah. Tentu harapannya mendapat dana hibah Itu KNPI ya harus memenuhi syarat juga, maksudnya mempertanggungjawabkan, jangan duitnya dipakai, tapi pertanggungjawabannya tidak ada," kata Khairian.

"Berikutnya tentu kita akan mencoba mencari ruang atau celah dengan pihak ketiga dalam artian dengan perusahaan-perusahaan terdekat yang mungkin bisa berkontribusi lah dalam pengembangan pemuda melalui KNPI, karena KNPI adalah induk organisasi kepemudaan," tutup Khairian.

Acara ini juga dihadiri Sekretaris DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Najmuel Muttaqin.

Sementara, Musda KNPI Kotabaru yang dilaksanakan ini, peserta Musda yang terdiri dari berbagai OKP sepakat memilih Mahmud sebagai Ketua DPD KNPI Kotabaru masa bakti 2021-2024.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musda KNPI, Rivai: ke Depan Betul-betul Punya Program, Khairian: Jangan Duitnya Dipakai, Tapi..."

Posting Komentar