Aspal Tahun 2018, 2021 Sudah Rusak


Mengaspalan Jalan Ratu Intan di Desa Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru, Kalsel yang dikerjakan kurang lebih 2 Km oleh PT Salsabila Oniresh Nusantara pada tahun 2018 lalu sudah terlihat rusak berat.

Ketua LSM Kalimantan Cerdas, Syamsir Alam, mengatakan jalan tersebut ada beberapa titik yang tidak bisa hanya diaspal.

"Beberapa titik perlu betonisasi karena tanahnya labil, walau tidak harus 2 Km tapi kuat, ketimbang sekarang baru 2 tahun sudah begitu kelihatanya, rusak," katanya.

Syamsir mengimbuhkan, jalan itu merupakan urat nadi perekonomian.

"Jadi menurut hemat saya jika ingin membangun infrastruktur ada hal yang perlu direview dalam suatu perencanaan yang matang dan kita bisa bandingkan seperti jalan betonisasi PT Smart Tarjun yang kekuatannya bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak masalah jika dananya tidak mampu, tapi kan bisa bertahap, daripada membangun hanya berkutat di itu - itu saja seperti jalan Kecamatan Sungai Durian, sementara daerah lain juga membutuhkan, sehingga ke depannya tidak membebani anggaran daerah ketika ada perawatan jalan. Semasa perawatan selama 120 hari kerja oleh PT. Salsabila Oniresh Nusantara saja seingat saya ada 2 kali menambal aspal rusak tersebut  dan selanjutnya nanti tidak menutup kemungkinan perawatan akan dibebankan ke Dinas PUPR Kotabaru dengan anggaran terbatas yang mana seharusnya dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk daerah lain yang membutuhkan. Ada satu hal lagi yang saya pertanyakan, kenapa  di sekitaran jembatan box culvert Jalan Ratu Intan itu aspalnya tidak diteruskan sekitar ± 20 meter, kan lumayan duitnya?" tandasnya.

Kepala Dinas PUPR Kotabaru, HM Maulidiansyah berikut Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR Kotabaru, Frans Surbakti, belum bisa ditemui, Senin (19/4/2021), kata bagian penerima tamu keduanya sedang rapat.

"Ada Kepala Dinas?"

"Rapat," sahut penerima tamu Dinas PUPR Kotabaru.

"Kabidnya Frans?"

"Rapat," sahutnya penerima tamu Dinas PUPR Kotabaru senior itu lagi.

(Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aspal Tahun 2018, 2021 Sudah Rusak"

Posting Komentar