Reses; Nisa Kunjungi 6 Desa di Dapil IV



"Kegiatan reses saya pada tanggal 22-27 April 2021 di Dapil IV itu dilaksanakan di Desa Tegal Rejo, Telaga Sari, Pulau Panci, Serongga, Limbungan, dan Desa Lalapin," kata Anggota DPRD Kotabaru Siti Chairun Nisa ketika berhasil dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Di Desa Tegal Rejo, kata Nisa, permintaan kolektif dari masyarakat yang terdiri dari guru-guru dan orangtua murid meminta pembangunan pagar untuk SDN2 dan pembangunan pagar Madrasah Ibtidaiyah Tegal Rejo.

"Karena dalam proses belajar mengajar para murid terganggu dengan binatang ternak yang masuk ke halaman sekolah," tuturnya.

Selain itu, kata Nisa, ibu-ibu diajaknya untuk membuat kelompok UMKM.

"Agar bisa ikut aktif dalam perkembangan ekonomi di desa. Ajakan ini sepertinya memerlukan waktu karena fasilitas di pedesaan sangat terbatas, dari jarak perjalanan yang jauh di era digital ini terkadang tidak ada signal dan kurangnya kemampuan masyarakat jika harus memulai usaha secara mandiri," ungkapnya.

Sementara  di Desa Telaga Sari, lanjut Nisa, masyarakat menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya pokok-pokok pikiran (pokir) yang diajukan masyarakat untuk menunjang kegiatan kesenian masyarakat berupa peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan seni budaya masyarakat.

Di Desa Pulau Panci, Nisa mengimbuhkan, kebanyakan yang datang adalah ibu-ibu.

"Yang masyarakat minta adalah peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan keagamaan ibu-ibu di desa yang terdiri dari beberapa majlis taklim. 

Dan untuk hal ini saya menyampaikan bagaimana agar mereka bisa mendapatkan bantuan, karena prosedur penerima bantuan diwajibkan memiliki SK kelompok dan ada legalisasi akta notaris, yang cukup menyusahkan masyarakat karena memerlukan biaya yang tidak sedikit, sedangkan bagi anggota kelompok itu sangat memberatkan,".katanya.

Nisa melanjutkan, di Desa Limbungan, masyarakat meminta untuk pembuat siring untuk mengatasi erosi tanah dikarenakan air sungai sering meluap ketika hujan dan meninggi menggenangi jalan desa. Dan masyarakat meminta untuk perbaikan Langgar Nurul Abidin karena rusak pasca banjir. Selain itu, masyarakat menyampaikan bahwa pupuk untuk wilayah limbungan sangat langka dan harga melambung tinggi. Terutama pupuk yang bersubsidi. 

Di Desa Lalapin, kata Nisa, masyarakat meminta PJU untuk jalan desa karena sangat gelap dan agak mengkhawatirkan bagi masyakat jika ada kegiatan malam hari. 

"Dan masyarakat meminta pengurugan batu cross untuk menghubungkan jalan usaha pertanian sekitar 10 Km," katanya.

Terakhir di Desa Serongga, kepada Nisa, masyarakat terutama Ketua BPD meminta informasi progres dari permintaan pokir yang disampaikan dalam reses sebelumnya.

"Hanya saja saya sebagai anggota dewan yang sudah menyampaikan cara dan prosedur pengajuan proposal ternyata dari pihak BPD malah tidak ada sama sekali menyampaikan proposal dan SK kelompok yang disertai akta notaris secara resmi, jadi saya sebagai anggota dewan kembali memberikan pemahaman kepada BPD untuk proses dan probabilitas proposal yang menjadi prioritas karena luasnya wilayah Dapil IV dan banyaknya permintaan masyarakat dari desa -desa lain yang lebih memprihatinkan kondisinya. Kemudian masyakat secara kolektif yang diwakili Plt Kades Desa Serongga meminta 1 unit ambulans dikarenakan ambulans yang mereka miliki saat ini tidak mencukupi kebutuhan akan fasilitas kesehatan masyarakat desa," tutupnya.

(Yandi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reses; Nisa Kunjungi 6 Desa di Dapil IV"

Posting Komentar