BUMDes Mandala untuk Jamur Tiram; Rugi...


Kepala Desa Mandala, Darmadi

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Mandala, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalsel, yang bergerak di bidang budidaya Jamur tiram mangalami kerugian. BUMDes yang berdiri sejak tahun 2019 tersebut mengalami kerugian sekitar Rp 14 juta rupiah.

Kepala Desa Mandala, Darmadi, mengatakan pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp 50 juta untuk modal awal. Saat tutup buku, anggaran yang tersisa tinggal Rp 36 juta.

"Modal di awal waktu itu Rp 50 juta, kemudian di akhir (saat tutup buku) saldo tinggal Rp 36 juta," ujarnya, Senin (31/5/2021). 

Kepala Desa yang sudah menjabat selama tiga periode ini beranggapan, kemungkinan besar permasalahan tersebut ada di administrasi. Untuk menanggulangi kerugian di masa mendatang, pihaknya akan melakukan pembenahan dengan menyelenggarakan pelatihan khusus bekerja sama dengan dinas terkait.

"Berdiri sejak tahun 2019, saat tutup buku rugi. Tahun 2020 vakum, 2021 jalan lagi melanjutkan sisa kemaren," terangnya.

Darmadi juga menyebut Desa Mandala memiliki 4 Badan Usaha : Budidaya jamur tiram, fotocopy, bor air, dan objek wisata outbond. 

"Semua masih berjalan. Ya ada untung-untung dikit. Jamur tiram yang zonk," tutupnya.

(Dodi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUMDes Mandala untuk Jamur Tiram; Rugi..."

Posting Komentar