Bupati Kotabaru dan Wakilnya di Panen Padi Sawah Langadai; dan Serahkan Bantuan...


Foto/Ist.

Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar dan Wakilnya, Andi Rudi Latif menghadiri acara panen raya padi sawah Kelompok Tani Merdeka Indah di Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, Selasa ( 25/5/2021).

Hasil padi sawah yang dipanen sebanyak 7 ton lebih dengan luas sawah 37 hektare.

Bupati mengatakan panen raya ini bentuk kerja sama antara Pemerintah Daerah dan Kementerian Pertanian, yang mana program ini sudah berjalan sejak awal dirinya menjadi Bupati Kotabaru sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

"Rata-rata produksi padi di Desa Langadai sekitar 3 sampai 3,5 ton per hektare, tahun ini dari Bupati melalui dana APBD memberikan bantuan pendampingan seluas 137 hektare untuk 1 kecamatan," ujarnya.

Dikatakan Bupati, dengan adanya program ini diharapakan kepada kelompok petani Merdeka Indah dapat meningkatkan produksi dengan hasil meningkat menjadi 7 ton per hektare yang sebelumnya rata-rata produksi hanya 3,5 ton per hektare.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsin Kalimantan Selatan, perwakilan Kementerian Pertanian, Dr. Muhammad Amin membenarkan panen padi sawah di Desa Langadai ini merupakan sinergritas Pemerintah Daerah Kotabaru dan pemerintah pusat.

"Dalam mendukung strategis pertanian di Kabupaten kotabaru, untuk itu kami hadir di tengah masyarakat dalam meningkatkan produksi sektor pertanian, sesuai dengan visi misi Bupati di antaranya adalah pertanian," tuturnya.

Ia mengimbuhkan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, peningkatan sektor pertanian mengalami peningkatan 14 persen.

"Diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar terus mendukung masyarakat untuk meningkatkan hasil sektor pertanian," ucapnya.


Foto/Ist.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan dari Pemerintah Daerah Kotabaru berupa Dempran peningkatan mutu intensifikasi untuk lahan seluas 10 hektare untuk Kelompok Tani Rinding Aluh dan Kelompok Tani Merdeka Inda;  bantuan benih padi hibrida, bantuan bubu tikus dan jaring burung.

Foto/Ist.

Acara ini juga dihadiri, Ketua TP-PKK Kotabaru, Hajjah Fatma Idiana Sayed Jafar, Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, Forkopimda, kepala SKPD, Forkopimca dan tokoh masyarakat.

(**)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Kotabaru dan Wakilnya di Panen Padi Sawah Langadai; dan Serahkan Bantuan..."

Posting Komentar