Kades Tirawan, Camat PL Sigam Taburkan Bibit Ikan Nila dan Lele


Kepala Desa Tirawan, Sabrani bersama Camat Pulau Laut (PL) Sigam, Satriansyah, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Kotabaru, Kalsel, Riningsih, BPD dan Babinsa Desa Tirawan menaburkan bibit ikan nila dan lele di kolam buatan yang berlokasi di RT 002/001 Desa Tirawan, Kamis (27/5/2021).

Kepala Desa Tirawan, Sabrani mengatakan program yang direalisasikan ini sesuai hasil musyawarah Desa tahun 2020 yang bersumber dari Dana Desa tahun 2021 dengan rincian:

- Pembangunan kolam ikan Rp34...juta;

- Pengadaan bibit dan pakan ikan lele Rp29...juta;

-Mendapatkan bibit dan pakan ikan Lele Rp27..juta.

"Sesuai di papan proyek yang terpasang di masing-masing kolam yang tersebar 3 kolam untuk ikan nila dan 4 kolam untuk lele, dengan rincian ikan nila 10 ribu bibit dan lele 20 ribu bibit, anggaran semuanya diperkirakan Rp100 juta lebih,"paparnya.

APBDes tahun 2021, kata Sabrani, akan digunakan lagi untuk kegiatan yang sama.

"Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Awi yang telah meminjamkan tanahnya untuk (kolam) kegiatan budidaya ikan ini.

Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan di APBDes," ungkapnya.

Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kotabaru, Riningsih program ini merupakan yang baru yang menggunakan dana desa (DD) dan mungkin pertama di Kabupaten Kotabaru. 

"Karena kita mengingat ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli Desa. Mudah-mudahan Desa Tirawan bisa sukses dan mudah-mudahan sesuai apa yang diharapkan," ungkapnya.

Camat Pulau Laut Sigam,  Satriansyah berharap kegiatan padat karya menjadi pendapatan Desa Tirawan.

"Terlebih kegiatan ini banyak melibatkan warga masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga Desa Tirawan," harapnya.

Camat berharap kegiatan ke depan bisa dikembangkan dari sektor pertanian. 

"Mudah-mudahan dari kedua unggulan ini ke depannya nanti kita bisa kembangkan dan kita berharap semua kerja keras kita, Kepala Desa beserta aparatnya, dan warganya untuk saling membantu. Jadi, momentum ini kita sama-sama dan kami dari pihak kecamatan akan selalu siap untuk memfasilitasi sesuai tugas dan tanggung jawab kami selaku Pemerintah Kecamatan Pulau Laut Sigam," ujarnya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kades Tirawan, Camat PL Sigam Taburkan Bibit Ikan Nila dan Lele"

Posting Komentar