Lutfi Tindak Lanjuti Masalah Sampah Desa Rampa, Syamsir Harapkan Dukungan Penuh...


Di ruang Komisi I, Anggota DPRD Kotabaru, M. Lutfi Ali (kanan) dan Kepala Desa Rampa, Syamsir Alam, membahas terkait tindak lanjut masalah sampah-sampah di Desa Rampa, Senin (24/5/2021). (Baca: Serius, Anggota DPRD Lutfi akan Lihat Tumpukan Sampah Desa Rampa).

Kader Partai Amanat Nasional ini menginginkan Desa Rampa bersih seperti daerah pesisir lain.

"Daerah pesisir lain kok bisa bersih, kenapa kita tidak? Kalau bersih kan bisa dijadikan wisata desa. Walaupun jalur kita bukan jalur muara, tapi Desa Rampa ini kan termasuk desa unik, ibaratnya itu desa pesisir, baik sukunya, masyarakatnya begitu padat, belum lagi parkiran kapal-kapal nelayan di samping atau depan rumah warganya. Nah, itu kan termasuk wisata kalau dikelola apalagi daerahnya itu bersih," ungkapnya.

Terkait hal itu, Lutfi mengatakan kepada Kepala Desa, dia akan berusaha semaksimal mungkin memfasilitasi ke DLHD.

"Saya siap saja memfasilitasi, misal kita bergotong-royong, DLHD siapkan armada angkutan sampahnya. Setelah bersih sampahnya bagaimana caranya agar warga sadar kebersihan. Intinya ke depan agar dana desa bisa dialokasikan untuk penanggulangan sampah, dan menggiatkan lagi warga cinta lingkungan  agar tidak membuang sampah di laut," tuturnya.

Kepala Desa Rampa, Syamsir Alam mengemukakan kendala dalam menanggulangi sampah.

"Kami ini bagaimana bisa mencegah sampah-sampah itu dengan jaring supaya tidak masuk lagi di daerah kami. Sia-sia pekerjaan kami membersihkannya kalau sampai dari laut masuk kembali, jadi tidak keliatan pekerjaan kami di situ," paparnya.

Kendala lain, kata Syamsir, kalau malam hari warganya dilarang membuang sampah ke TPS Pasar Kemakmuran. "Solusinya, buang (sampahnya) di TPS sekitar Desa," kata Lutfi.

"Kami sangat mengharapkan sekali dukungan penuh untuk penanganan sampah yang ada di desa kami. Kami selama ini berupaya maksimal mengadakan kerja bakti gotong royong, fasilitas dari DLHD sangat diharapkan untuk pengangkutan sampah," ungkapnya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lutfi Tindak Lanjuti Masalah Sampah Desa Rampa, Syamsir Harapkan Dukungan Penuh..."

Posting Komentar