Pandemi Covid-19, Panitia Musala di Serongga akan Gelar Salat Idul Fitri, AKP Nur: Sah-sah Saja...

Menjelang Hari Raya Idul  Fitri 1442 Hijriah, tahun 2021, pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Antusias umat muslim di Desa Serongga melaksanakan ibadah salat Idul Fitri menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah mengatur protokol kesehatan, kerumunan masa.

Mengingat potensi membludaknya massa yang akan melaksanakan salat Idul Fitri, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan klaster baru Covid-19.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Panitia Musala Hidayatul Fajar Desa Serongga berinisiatif menggelar pelaksanaan salat Idul Fitri dengan tujuan membantu perintah mengurai atau mengurangi volume jamaah yang melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Agung Al Amin Desa Serongga. 

"Tujuan kami hanya ingin membantu pemerintah untuk menghindari membeludaknya kerumunan jemaah yang akan salat di Masjid Agung Al Amin. Dengan hal ini kami rasa sangat tepat namun kita tetap patuhi protokol kesehatan, kalau ditiadakan, kami rasa tidak mungkin karena kita tidak bisa menghalangi orang untuk beribadah," terang Pengurus Musala Hidayatul Fajar, Karsimo, Rabu (12/5/2021).

Diminta tanggapannya, Kapolsek Kelumpang Hilir, AKP Nur Alam mengatakan pihak kepolisian sudah rapat dengan pihak terkait seperti Forkopimcam, Satgas Kesehatan, Kepala Desa Serongga, ormas, intinya pelaksanaan salat Idul Fitri hanya bisa menampung seperdua atau 50 persen dari tempat berjamaah dengan kondisi seperti sesuai dengan mengacu pada intruksi SE Gubernur Kalsel dan itu tetap dalam pengawasan Satgas Covid-19.

Bagaimana jika dilaksanakan di Musala?

"Di Musala sah-sah saja yang penting kita ikuti aturan 50 persen dari pada jemaah yang ada. Misal kapasitasnya 50 orang, yang bisa hanya 25 orang saja karena kita mengacu pada SE Gubernur Kalsel. Semoga perayaan salat Idul Fitri berjalan sesuai dengan harapan perintah dengan mematuhi protokol kesehatan dan lebih penting lagi jemaah sehat tidak ada terkonfimasi Covid-19," harapnya.

(Syamsir)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pandemi Covid-19, Panitia Musala di Serongga akan Gelar Salat Idul Fitri, AKP Nur: Sah-sah Saja..."

Posting Komentar