Pemkab Tanbu Gelar Lomba TTG, Kecamatan Mantewe Juaranya

Alat penetas telur automatis dari Desa Suka Damai, Kecamatan Mantewe menjadi Juara 1.


Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) Tingkat Kabupaten Tahun 2021 bertempat di Mahligai Bersujud Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (25/5/2021).

Bupati Tanah Bumbu, H. M. Zairullah Azhar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu, Samsir,  menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Kegiatan yang bertema, “Kita wujudkan pembangunan desa melalui dana desa yang efektif dan efisien dalam upaya mengoptimalkan pendayagunaan semua aspek sumber daya lokal (alam, manusia, teknologi, dan sosial) secara berkelanjutan di Tanah Bumbu," ini sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan serta kemandirian masyarakat desa, sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam mengoptimalkan sumber daya alam di desa.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong tumbuh kembangnya inovasi baru sesuai kebutuhan masyarakat dan menjawab permasalahan masyarakat yang tentunya inovasi tersebut tidak merusak lingkungan, murah, mudah, dan menghasilkan nilai tambah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud," tuturnya.

Tenaga Pendamping Profesional (TPP) TA Kabupaten Tanah Bumbu, Laila Hayati, mengatakan dari lomba inovasi TTG ini diharapkan akan memunculkan, memupuk, dan menciptakan jiwa inovatif dan kreatif, sehingga menghasilkan alat yang dapat dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat.

"Pemenang lomba akan mendapatkan uang pembinaan dan akan mengikuti lomba tingkat provinsi," katanya.

Pemenang lomba TTG ini :

Juara 1, alat penetas telur automatis dari Desa Suka Damai, Kecamatan Mantewe;

Juara 2, alat pisau sadap elektrik dari Desa Karang Indah, Kecamatan Angasana; dan

Juara 3, alat aquaponik+magot dari Desa Mustika, Kecamatan Kuranji.

Lomba yang dilaksanakan selama 1 hari ini, pesertanya dari kecamatan, Politeknik Batulicin, dan SMKN 1 Simpang Empat.

(Alamsyah)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Tanbu Gelar Lomba TTG, Kecamatan Mantewe Juaranya"

Posting Komentar