Sampah di Bantaran Sungai Cantung Kanan, Syaripudin: Selalu Ada Kendala; Tanah TPA


Sampah plastik dan sampah rumah tangga berserakan di bantaran Sungai Desa Cantung Kanan, Kecamatan Hampang, Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Sampah tersebut diketahui berasal dari masyarakat yang membuang limbah rumah tangga ke pinggiran sungai.

Kepala Desa Cantung Kanan, Najamudin, melalui Sekertarisnya, Syaripudin Nur mengatakan, pihaknya sudah berupaya menyelesaikan hal tersebut namun selalu ada kendala yang dihadapi.

Pihaknya tidak menemukan tanah yang jauh dari pemukiman untuk membuat Tempat Pembuangan Akhir atau TPA.

"Untuk yang jauh dari pemukiman (tanah untuk TPA) kami sampai saat ini tidak menemukan. Kemaren hampir dapat tapi duluan orang membeli," kata Syaripudin Nur, Jum'at (28/05/2021).

Hal senada juga dikatakan Kepala Seksi Kemasyarakatan dan LH, Farizal Muhtazi, katanya, permasalahan sampah di sana sudah pernah disampaikan kepada Camat Hampang, namun ada beberapa kendala yang dihadapi seperti tidak adanya hibah lahan.

"Lahannya di mana? Atau siapa yang ingin menghibahkan lahan. Secara anggaran tidak ada ganti rugi, yang ada hibah. Jadi kendalanya lokasi TPA, lahan, pola hidup masyarakat, tauladan yang memberikan contoh," katanya.

Farizal Muhtazi melanjutkan, pihak Kecamatan Hampang juga sering melakukan sosialisasi kepada aparat Desa agar tidak membuang sampah sembarangan. 

"Contohnya saat Musrembang, kita lakukan sosialisasi. Tinggal dari pihak Desa saja bagaimana menanggapinya," tutupnya.

(Dodi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sampah di Bantaran Sungai Cantung Kanan, Syaripudin: Selalu Ada Kendala; Tanah TPA"

Posting Komentar