Soal Karhutla, Wabup: Pemkab Kotabaru Fokus Pencegahan


Foto/Ist) Wabup Kotabaru, Andi Rufi Latif (tiga dari kiri) saat menghadiri Rakorwasda dan Rakorwasinkeubang di Banjarbaru.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru akan mengutamakan dan memofuskan masalah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) daripada penanggulangan. 

Karena penanggulangan akan memakan biaya yang sangat besar dan melibatkan banyak orang. 

"Jadi kita akan fokuskan perencanaan kerja terkait pencegahan dan secepatnya akan kita rapatkan dengan Forkopimda serta instansi terkait," tuturnya ketika menghadiri rapat koordinasi pengawasan daerah (Rakorwasda) dan rapat koordinasi pengawasan intern keuangan dan pembangunan (Rakorwasinkeubang) tahun 2021 di Aula Idham Chalid, Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Kamis (20/5/2021).

Wabup sangat setuju saran Sekda Provinsi Kalsel agar dana desa dialokasikan sedikit untuk Karhutla. 

Plt Kepala BPBD Kotabaru, H Rusian Akhmadi Jaya mengatakan BPBD Kotabaru siaga 1 x 24 jam dalam menghadapi musibah, baik itu banjir, tanah longsor, dan karhutla. 

"Ini berdasarkan arahan dari Bupati dan Wakil Bupati, kami siap menangani," ujarnya. 

Sementara terkait dengan pengawasan, Kepala Inspektorat Kotabaru, H Akhmad Fitriadi menyatakan siap mengawal proses pencegahan dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. 

"Kita akan selalu memonitoring pelaksanaa kegiatan sebagaimana yang disampaikan Wabup dalam konteks pencegahaan. Kita siap mengawal dari proses perencanaan sampai pelaksanaan, apalagi dari pihak BPKP akan melibatkan Inspektorat dalam hal pengumpulan data baik lahan kritis dan karhutla," tutupnya.

(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Karhutla, Wabup: Pemkab Kotabaru Fokus Pencegahan"

Posting Komentar