Syairi Ditunjuk BPK RI Kalsel Sambutan di Acara Penyerahan LHP...

 

(Foto/Ist) Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, S.Sos

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, memberikan sambutan di acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Provinsi Kalimantan Selatan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020 se-Kalsel di Banjarbaru, Jumat (28/5/2021).

Anggota DPRD Kotabaru dua priode ini ditunjuk BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan sambutan mewakili enam DPRD se-Kalsel.

Berikut sambutannya:

Dalam rangka untuk memenuhi kewajiban konstitusional sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Kerja sama yang baik antara DPRD dan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dengan DPRD kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Selatan perlu terus kita tingkatkan agar kinerja pemerintah daerah setiap tahun menjadi lebih baik.

Sebagaimana kita pahami bahwa ada empat jenis opini yang dapat diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan, yaitu wajar tanpa pengecualian (WTP), wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan (WTP-DPP), wajar dengan pengecualian (WDP) dan tidak menyatakan pendapat (TMP).

Ini artinya bahwa laporan keuangan berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya dan kalau pun ada kesalahan, maka kesalahannya tersebut tidak dianggap signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Harapan kami adalah bahwa pemerintah daerah kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan untuk tahun ini pula akan memperoleh penilaian/opini terbaik yaitu wajar tanpa pengecualian (WTP).

DPRD sendiri melihat bahwa kinerja pemerintah daerah selama ini kami pandang juga cukup memuaskan. Adapun opini yang diberikan BPK Perwakilan Kalimantan Selatan kepada Pemerintah  Kabupaten Kotabaru khususnya dan kabupaten/ kota pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja agar semakin efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi dari pemerintah kabupaten/kota, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas hidup di segala bidang bagi masyarakat lebih baik lagi.

Hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan yang berbahagia ini perlu kami sampaikan bahwa BPK Perwakilan  Provinsi Kalimantan Selatan dalam menjalankan fungsinya, bukan hanya memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah, tapi juga memeriksa kinerja atas efektifitas tata kelola pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah. Kegiatannya meliputi identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, obyektif dan profesional oleh auditor BPK berdasarkan standar pemeriksaan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan pada semua tingkatan unit institusi penyelenggara pemerintah. Outputnya tidak lain adalah untuk perbaikan tata kelola pemerintahan daerah dalam rangka percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah.

Hadirin yang terhormat,

Sebagai tindak lanjutnya, kami di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan mempelajari dan mencermati secara seksama dan penuh rasa tanggung jawab mengenai LHP kinerja atas efektivitas tata kelola pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

Kami berharap bahwa hasil pencermatan ini akan membawa manfaat untuk perbaikan kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Kalsel. Tujuan akhir dari semua ini pada gilirannya adalah semata-mata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat kita semua.  Kita semua berharap,  semoga hasil dari pencermatan LHP ini nantinya akan mendapatkan opini yang baik. Aamiin.

Perkenankan saya atas nama DPRD Kabupaten Kotabaru dan seluruh DPRD kabupaten/kota mengucapkan terima kasih kepada kepala BPK Perwakilan  Provinsi Kalimantan Selatan beserta seluruh jajaran atas kerja sama yang telah terbina dengan baik selama ini.

Kerja sama ini kami harapkan untuk dapat lebih ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih senantiasa melindungi dan memberkati kita semua dalam melaksanakan tugas masing-masing dan pertemuan ini pula membawa berkah dan manfaat buat masyarakat luas atas ridho Allah SWT. Aamiin.

Sebelum mengakhiri sambutan ini kami atas nama pimpinan DPRD kabupaten/kota se Kalimantan Selatan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri  1442 H. Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Minal Aidin Wal Faizin.

Demikian kami sampaikan, sambutan penyerahan laporan hasil pemeriksaan badan pemeriksa keuangan perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 kepada pemerintah daerah kabupaten/kota se Kalimantan Selatan dan mohon maaf atas segala kekurangan dan terima kasih atas segala perhatiannya.

----- “Wabilahi Taupiq Wal Hidayah Summassalamu Alaikum Wr. Wb.-----  

 (***)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syairi Ditunjuk BPK RI Kalsel Sambutan di Acara Penyerahan LHP..."

Posting Komentar