Kades Rampa: Terima Kasih DLHD, Semoga Desa Kami Terbebas dari Sampah


"Sampah yang di wilayah kami ini adalah sampah dari laut yang naik ke wilayah kami menumpuk dan sampah yang ada sebagian itu sampah sudah puluhan tahun," ujar Kepala Desa Syamsir Alam menanggapi menumpuknya sampah di desanya, Jumat (11/6/2021).

Syamsir membantah semua sampah yang menumpuk di desanya itu berasal dari warganya.

"Buktinya di lapangan, petugas kebersihan sudah ada pagi dan sore, jalan ke rumah-rumah mengambil sampah yang digantung di depan rumah warga. Dan sebagian sampah yang banyak itu dibuang ke bak sampah yang sudah disiapkan," katanya.

Sudah berkali-kali disampaikan, kata Syamsir, sampah yang menumpuk itu adalah sampah kiriman dari desa-desa tetangga.

"Bisa dibilang sampah dari laut, kalau air pasang itu malah sampah itu masuk ke desa kami," katanya.

Dikatakan Syamsir, pihaknya sudah maksimal membersihkan dan mengangkut sampah sampai puluhan ton. 

"Tapi, sampah yang lain masuk lagi. Makanya kami sangat mengharapkan bahkan kami sudah menghadap ke dinas terkait untuk mencari solusinya supaya sampah ini tidak masuk lagi ke wilayah kami. Nah itu satu-satunya jalan adalah kita pasang jaring, itu beberapa kali disampaikan supaya mencegah sampah tidak masuk lagi. Setelah dipasang jaring barulah kita angkat sampah itu akan kelihatan kerja kita," tuturnya.

Tapi, lanjutnya, kalau hanya dibersihkan tidak ada antisipasi, maka dalam satu bulan sampahnya akan kembali lagi. 

"Alhamdulillah mulai 2008 sudah ada kesadaran masyarakat dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup juga sudah ada di desa kami dan juga petugas dari desa ada yang membantu supaya tidak ada miss komunikasi. Untuk kegiatan gotong royong tadi itu bisa dikatakan dadakanlah, seandainya jauh-jauh hari disampaikan atau mungkin melalui surat mungkin kami bisa mengimbau atau mengerahkan beberapa warga, mempersiapkan alat-alat seperti sepatu boots, kaus tanga, baru kita laksanakan gotong royong. Tapi, Alhamdulillah ada beberapa perangkat desa juga di situ yang ikut membantu dengan adanya gotong royong tadi dan kami juga sangat berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup sangat memperhatikan desa kami. Mudah-mudahan ke depannya desa kami bisa terbebaskan dari sampah dengan catatan kami minta dukungan dari dinas terkait untuk penanganan sampah yang ada di Desa Rampa," tutupnya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kades Rampa: Terima Kasih DLHD, Semoga Desa Kami Terbebas dari Sampah "

Posting Komentar