Bupati di Acara Tanam Sawit Program PKSP di Sampanahan

(Foto/Istimewa).

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, mengatakan program pemerintah, peremajaan kelapa sawit bertujuan mengganti tanaman sawit yang sudah tua atau replanting  dengan bibit sawit yang unggul.

"Program replanting yang saat ini tengah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit yang sebelumnya sudah menurun hasil buahnya," kata Bupati dalam pidatonya saat menghadiri acara penanaman ribuan bibit sawit program peremajaan kelapa sawit pekebun (PKSP), Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Sukamaju, Kecamatan Sampanahan, Selasa (13/7/2021).

(Foto/Istimewa)

Dilanjutkan Bupati, pelaksanaan program replanting ini akan berpengaruh ke pendapatan petani di masa mendatang, sehingga dalam setiap bulannya dibutuhkan strategi yang tepat agar stabilitas pendapatan petani sawit selama program berlangsung tetap terjaga.

“Saya juga berharap dengan adanya peningkatan produksi kelapa sawit dapat menjadi andalan sub sektor perkebunan yang mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah," kata Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin, menjelaskan penanaman bibit kelapa sawit program peremajaan kelapa sawit pekebun yakni untuk mengganti bibit sawit masyarakat yang tidak jelas kualitas mutunya.

"Alhamdulillah kelompok tani Kotabaru mendapatkan bantuan bibit sawit untuk lahan sekitar 1000 hektare, bantuan ini diharapkan bisa untuk meningkatkan hasil produksi kelapa sawit," ujarnya.

Di acara tersebut, Bupati Kotabaru menyerahkan bantuan :

Herbisida kepada Kelompok Sumber Rejeki, 

Hibah kepada Pondok Pesantren Ibnu Syarif Al Amin sebesar Rp 200 juta, 

Hibah Masjid Baiturrahim sebesar Rp 50 juta, 

Madrasah diniyah Darul Ma'rifah sebesar Rp 75 juta, 

Masjid An-Nur sebesar Rp 250 juta, Musala Darul Ma'rifah sebesar Rp 300 juta, 

Program lanjut usia sebesar Rp 2,4 juta, dan 

Program disabilitas sebesar Rp 2,4 juta.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati di Acara Tanam Sawit Program PKSP di Sampanahan"

Posting Komentar