Hati-hati Berkendara di Jalan Antara Gerbang Feri Tarjun...


Anda ingin bepergian lewat Jalan Poros Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir menuju Feri Tarjun ke Kota Kabupaten Kotabaru, Kecamatan Pulau Laut Utara atau sebaliknya?

Sebaiknya anda berhati-hati dan waspada (jangan ngebut) bila sudah berada di jalan antara gerbang masuk ke Feri Tarjun, pasalmya di sana banyak berleliaran gerombolan sapi yang kadang melintas masuk ke jalan umum.

Media ini pun pernah melihat  langsung (siang hari) gerombolan sapi itu, untungnya berkendara pelan sehingga tak sempat tertabrak. Bila tertabrak bagaimana?

Ketika media ini ingin mengkonfirmasi, orang yang diduga pemilik sapi-sapi itu belum bisa ditemui.

Dilansir dari hukumonline.com (menjawab pertanyaan terkait hal serupa) sebagai berikut:

...Pengembala sapi wajib bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh sapinya. Hal itu tertuang dalam Pasal 1368 KUH Perdata Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata):

“Pemilik seekor binatang, atau siapa yang memakainya, adalah, selama binatang itu dipakainya, bertanggung jawab tentang kerugian yang diterbitkan oleh binatang tersebut, baik binatang itu ada di bawah pengawasannya, maupun tersesat atau terlepas dari pengawasannya.”                      

Jika mengacu pada pasal di atas, maka pengembala sapi yang sedang menggiring sapinya kemudian sapi itu terlepas dari pengawasannya dan menyeberang jalan sehingga mengakibatkan luka bagi pengendara sepeda motor, wajib bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan oleh sapinya.

Adapun langkah hukum yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor yang terluka adalah melakukan gugatan atas dasar Perbuatan Melawan Hukum (PMH) sebagimana disebut dalam Pasal 1365 KUH Perdata:

“Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut."

(IHa)

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati Berkendara di Jalan Antara Gerbang Feri Tarjun..."

Posting Komentar